KPU Kendari Sosialisasi Sukseskan Pilwali – Berita Kota Kendari
Beranda

KPU Kendari Sosialisasi Sukseskan Pilwali

Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu (tengah) Saat Menjelaskan Syarat Pencalonan Dan Syarat Calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari 2017(RAJAP/BKK)

Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu (tengah) Saat Menjelaskan Syarat Pencalonan Dan Syarat Calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari 2017(RAJAP/BKK)

KENDARI, BKK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, menggelar sosialisasi syarat pencalonan dan syarat calon Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Kendari, Rabu (24/8), di Swiss Bellhotel Kendari.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar tahu tentang prosedur Pilwali Kendari.

“Pilwali tahun ini harus bisa lebih baik dari tahun kemarin, untuk itu masyarakat perlu diberikan pemahaman tentang prosedur pemilihan,” terangnya.

Ia melanjutkan, peserta pemilihan terbagi atas dua yakni pasangan calon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik dan pasangan calon perseorangan yang mendaftarkan diri.

“Semua bisa ditetapkan menjadi peserta pemilihan jika telah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai peserta pemilih,” jelasnya.

Hayani juga memaparkan, dalam persyaratan Calon Wali Kota (cawali) dan Wakil Wali Kota (Wawali) Kendari periode 2017-2022, setiap bakal calon juga harus memenuhi beberapa sarat. Diantaranya mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari Narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan.

“Prosedur seperti ini baru kita lakukan, dengan melibatkan BNN dan ahli psikologi, sementara untuk lima tahun lalu melalui persetujuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI),”ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, bagi mantan terpidana yang telah selesai menjalani masa pidanaannya secara kumulatif, wajib memenuhi syarat secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik sebagai mantan terpidana.

“Jadi bagi mantan terpidana yang sudah menjalani pidananya selama lima tahun, tetap membuat surat pernyataan dan bagi yang belum mencapai lima tahun dia harus mengumumkan dirinya di publik,” pungkasnya.(p8/c/nur)

Click to comment
To Top