Beranda

Anggota DPD RI Asal Sultra Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Suasana Pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Hotel Wonua Monapa. (Nirwan/BKK)

Suasana Pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Hotel Wonua Monapa. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asal Sulawesi Tenggara (Sultra) Yusran A Kabupaten Silondae, bekerja sama dengan anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Konawe Selatan (Konsel), menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula Hotel Wanua Monapa, Ranomeeto, Rabu (24/8).

Dalam kesempatan itu, Yusran memaparkan, nilai-nilai Pancasila dan makna konstitusi yang terkandung dalam UUD 1945. Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) juga semboyan Bhineka Tunggal Ika katanya, sangat fundamental ditanamkan kepada generasi mudah untuk dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai-nilai Pancasila dan makna yang terkandung dalam UUD 1945, NKRI juga semboyan Bhineka Tunggal Ika, harus selalu ditanamkan kepada genarasi mudah agar mereka bisa lebih memahami untuk kemudian diterapkan dalam kehidupannya,” ungkap Yusran.

KNPI menurut Yusran, merupakan komunitas generasi mudah intelektual yang kelak akan menerima estafet kepemimpinan nasional juga daerah. Olehnya, generasi mudah yang intelek perlu memahami suasana kebatinan lahirnya Pancasila, penyusunan UUD 1945, NKRI kebangsaan dan Bhineka Tunggal Ika.

“Generasi mudah harus memaknai semangat juang dan rela berkorban yang dilakukan oleh para pendiri Republik Indonesi, serta para pahlawan untuk merebut kemerdekaan digenggaman para penjajah,” tuturnya.

Akan tetapi, lanjut, semangat juang itu harus disesuai dengan zaman dan tantangan yang dihadapi. Tantangan yang dihadapi sekarang adalah era globalisasi yang penuh dengan persaingan baik di bidang ekonomi maupun teknologi.

“Untuk itu generasi muda harus mampu bersaing meraih ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan. Selain itu harus diperkuat rasa cinta kita terhadap bangsa Indonesia melalui penerapan nilai-nilai Pancasila,” paparnya.

Ditambahkannya, nilai yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan adalah menumbuhkan semagat juang, untuk mencapai cita-cita Proklamasi Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu terwujudnya Indonesia bersatu , berdaulat , adil dan makmur.

Dalam sosialisasi empat pilar tersebut, juga menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten yakni Dr H Herman MPd merupakan dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, serta DR Muh Satria Muljabar SH;MKn, yang merupakan dosen Universitas Haluoleo (UHO) Kendari. (m3/c/nur).

 

To Top