Lingkar Sultra

USN Kolaka Bakal Kelolah Akper Pemda

USN Kolaka Bakal Kelolah Akper Pemda

USN Kolaka Bakal Kelolah Akper Pemda

KOLAKA, BKK – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka yang telah berstatus Perguruan Tinggi Negeri bakal mengelola Akademi Keperawatan (Akper) Pemda Kolaka‎.

Rencana merger atau bergabungnya Akper Pemda ke USN Kolaka, terungkap pada rapat dengar pendapat yang dilakukan Komisi III DPRD Kolaka dengan Rektor USN, Dr Azhari, Asisten I Setda Kolaka, Direktur Akper Pemda, serta dinas pendidikan pemuda d‎an olahraga, Selasa (23/8).

Menurut Ketua Komisi III, M Ajib Majid, bakal bergabungnya Akper ke USN ‎karena adanya regulasi bahwa kewenangan Pemerintah Kabupaten dalam bidang pendidikan hanya terbatas pada pendidikan dasar dan menegah pertama, sementara untuk pendidikan menengah atas dan perguruan tinggi bukan lagi kewenangan Pemda.

Dalam RDP itu, muncul beberapa opsi, di antaranya Akper digabung dengan Universitas Terbuka atau Politeknik yang ada di Sultra. Namun setelah pihak USN menerima tawaran untuk mengelola Akper, di samping lokasinya dekat dan sudah berstatus negeri, akhirnya diputuskan untuk di merger ke USN Kolaka.

“Ini masih tahap awal, dan nantinya akan kita bawa ke paripurna,” kata Politikus asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Meski demikian, Ajib berharap dengan rencana digabungkan Akper ke USN, tidak memengaruhi kegiatan perkuliahan yang selama ini berjalan di Akper.

Sementara Rektor USN Kolaka Azhari menyatakan kesiapannya untuk menerima Akper untuk dikelola USN Kolaka sekaligus menampung semua dosen dan mahasiswa Akper. Nantinya Akper akan berada di bawah Fakultas Sistem Informatika (SI), sambil menunggu terbentuknya Fakultas Kesehatan Masyarakat. “Dosen dan karyawan Akper akan kami akomodir sesuai aturan yang berlaku,” kata Azhari. (cr3/c)

 

To Top