Usai Diperiksa, Lukman Mengaku Tak Punya Peran Dalam Kasus NA – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Usai Diperiksa, Lukman Mengaku Tak Punya Peran Dalam Kasus NA

IMG-20160824-WA0019KENDARI, BKK- Setelah sebelumnya mantan Kepala Biro (Karo) Hukum Sultra, Kahar Ariz keluar dari pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di ruang Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sultra kembali keluar dua orang pejabat dilingkup Sultra yang diperiksa KPK atas penetapan tersangka Gubernur Sultra, Nur Alam kasus dugaan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Sultra.

 

Kedua orang tersebut yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Lukman Abunawas dan Kepala Bidang (Kabid) Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sultra, Aminoto.

 

Dari hasil pantauan jurnalis Berita Kota Kendari mimik wajah Lukman Abunawas terlihat santai dibanding dengan wajah Aminoto yang sedikit terlihat lesuh.

 

Saat dikonfirmasi, dengan nada santai Lukman Abunawas mengatakan, pemeriksaan KPK terhadap dirinya tidak ada sangkut pautnya saat menjabat sebagai Sekda Sultra. Atas keterlibatannya dalam memberikan izin pertambangan di Sultra, dirinya membantah tidak mempunyai peran.

 

“Tidak ada kok keterlibatan saya. Saya dimintai keterangan atas tupoksi jabatan menjadi Sekda. Soal seputar izin pertambangan di sultra saya tidak tahu. Karena pada saat itu bukan saya yang menjadi Sekda, tetapi pak Zainal Abidin, ” kata Lukman kepada awak media, Rabu (24/8).

 

Ia menambahkan, Zainal Abidin selaku Sekda Sultra sebelumnya akan dipanggil penyidik KPK untuk dilakukan pemeriksaan.

 

“Pasti akan dipanggil oleh KPK untuk dimintai keterangan atas penerbitan izin pertambangan di Sultra. Karena yang ditelusuri KPK mengenai izin pertambangan mulai tahun 2008-2011. Kehadiran saya disini hanya sebagai saksi Pemda Sultra” tambahnya.

 

Lanjutnya, penetapan Gubernur Sultra, Nur Alam sebagai tersangka atas izin usaha pertambangan di Sultra, Lukman mengatakan baru mengetahui dari pemberitaan dimedia.

 

“Tersangkanya Nur Alam saya tahu dari media semalam. Dan yang saya tahu ada itu dua buku dokumen yang disita oleh KPK tetapi apa isi itu buku dokumen saya tidak tahu,” jelasnya.

 

Berbeda dengan Kabid Amdal BLH Sultra, Aminoto enggan berkomentar banyak atas pemeriksaan dirinya oleh KPK di Ditreskrimsus Polda Sultra. Dirinya mengakui akan kembali di periksa oleh penyidik KPK.

 

“Tunggu ya, masih sementara berlangsung pemeriksaanya,” singkatnya. (p5).

To Top