Kejari Lidik Kasus Dana Hibah Pilkada Koltim – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Kejari Lidik Kasus Dana Hibah Pilkada Koltim

KOLAKA, BKK – Kejaksaan Negeri (Kejari) ‎Kolaka melidik kasus dugaan korupsi dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kolaka Timur (Koltim). Untuk mengungkap adanya dugaan korupsi dana hibah pelaksanaan Pilkada Koltim tahun 2015, korps Adhyaksa ini memeriksa Ketua KPU Koltim, Darwis dan Ketua KPU Kolaka Lukman, Selasa (23/8).

Dari pantauan di Kantor Kejari Kolaka, Ketua KPU Koltim Darwis diperiksa di ruang Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) yang letaknya di lantai dua. Sementara Ketua KPU Kolaka Lukman diperiksa di ruang Kasi intel di lantai satu.

Namun hingga berita ini dikirim, tak satupun pejabat kejaksaan yang bersedia memberikan komentar terkait pemeriksaan kedua ketua KPU tersebut. Sementara Kajari Kolaka Jefferdian berada di luar daerah.

Ketua KPU Kolaka Lukman melalui telepon selulernya usai pemeriksaan membenarkan kalau dirinya diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan korupsi dana hibah pelaksanaan Pilkada Koltim. “Saya dimintai keterangan terkait penganggaran Pemilukada Koltim tahun 2015,” katanya.

Meski demikian, Lukman enggan memberikan komentar terkait isi pemeriksaan dirinya. Dia hanya menyampaikan bahwa dalam pemeriksaan itu ada enam lembar pertanyaan yang dijawabnya.

Pada saat Pilkada Koltim, tahapan Pilkada ditangani KPU Kolaka sebagai kabupaten induk, sebab saat itu belum terbentuk KPU Koltim. Di tengah jalan, KPU Koltim terbentuk, sehingga KPU Kolaka menyerahkan semua proses tahapan Pilkada kepada komisioner KPU Koltim yang baru. Saat itu dana hibah yang telah dianggarkan Pemkab Koltim sebesar Rp 4 miliar. (cr3/c)

Click to comment
To Top