Disdukcapil Kolaka Kekurangan 23 Ribu Blanko‎ – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Disdukcapil Kolaka Kekurangan 23 Ribu Blanko‎

Ilustrasi

Ilustrasi

KOLAKA, BKK – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil Kabupaten Kolaka saat ini masih kekurangan 23 ribu blanko untuk memenuhi kebutuhan Kartu Tanpa Penduduk elektronik (e-KTP) warga. “Kami masih membutuhkan 23 ribu keping blanko e-KTP, guna mengantisipasi persediaan hingga akhir September,” kata Sekretaris Disdukcapil Kolaka I Nyoman Suastika, Selasa (23/8) di kantornya.

Menurut Nyoman, setiap hari masyarakat berbondong-bondong ke kantornya untuk mendapatkan e-KTP. Saat ini, pihaknya masih memiliki 1.000 keping blanko. Namun jumlah itu masih sedikit, sehingga dibuat surat ke pusat untuk memenuhi kekurangan itu.

Meski demikian, Nyoman menyadari ‎masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya e-KTP. Ini terjadi bukan hanya dari masyarakat awam, tapi juga dari masyarakat yang berpendidikan. Akibatnya, dari 139 ribu wajib KTP di Kolaka, baru 115 ribu di antaranya sudah memiliki e-KTP dan sisanya 23 ribu belum melakukan perekaman.

“Masyarakat sekarang ini mulai malas mengurus KTP. Mereka beranggapan nanti ada bantuan baru mengurus KTP, tapi kalau tidak ada bantuan, biar kita berada di sampingnya sekalipun mereka tidak akan urus KTP,” ungkapnya.

Selain itu, ujar dia, kondisi yang membuat masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP disebabkan alat yang dimiliki Disdukcapil beberapa di antaranya rusak akibat terbakar dan belum diganti. Begitupun di kecamatan hanya dua kecamatan alat perekam e-KTP yang beroperasi.

“Meski demikian kami terus melakukan sosialisasi pada masyarakat, sehingga target kami beroperasinya alat perekam e-KTP ‎pada lima kecamatan bisa terwujud,” harap Nyoman. (cr3/c)

Click to comment
To Top