Beranda

Capaian Pengguna KB Baru 2016 di Sultra Baru 22 Persen

Capaian Pengguna KB Baru 2016 di Sultra Baru 22 Persen

KENDARI, BKK – Capain pengguna program Keluarga Berencana (KB) baru di Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak Januari hingga Juli 2016, baru mencapai 22 persen. Padahal pengguna seharusnya mencapai 224.000 orang.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Syahruddin mengatakan, pengguna KB baru di Sultra tersebut mengalami penurunan drastis, bila dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 100 persen.

“Untuk itu tahun ini kami fokus untuk menjalin kemitraan dengan pihak TNI dalam program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, untuk menstabilkan lagi pengguna KB baru di Sultra ini,” ungkap Syahruddin kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK), Selasa (23/8).

Dikatakannya, dengan adanya kegiatan baksos dengan TNI, pihaknya berharap dapat memacu ketertinggalan capain peserta KB baru tersebut.

“Tahun ini kami akan menggenjot target dua kali lipat, dari target tahun sebelumnya yang berjumlah 112 ribu peserta KB baru. Sebab jumlah penduduk yang banyak dengan kualitas yang baik adalah aset pembangunan, akan tetapi jumlah penduduk dengan kualitas yang rendah justru akan menjadi beban negara,” katanya.

Syahruddin berharap, agar pemerintah dan masyarakat serta TNI memiliki perspektif bahwa domain perkembangan kependudukan dilakukan untuk mewujudkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara kuantitas dan kualitas serta persebaran penduduk. (m3/c/nur)

 

To Top