Bank Sultra Dukung Pengembangan Singkong Gajah di Bombana – Berita Kota Kendari
Aktualita

Bank Sultra Dukung Pengembangan Singkong Gajah di Bombana

Bupati Bombana, Tafdil saat menandatangani prasasti aula kantor bupati setempat sekaligus penandatanganan MoU dengan pihak Bank Sultra dan PT Sido Muncul terkait pengembangan singkong gajah, Selasa (23/8). (Foto: Ridha/BKK)

Bupati Bombana, Tafdil saat menandatangani prasasti aula kantor bupati setempat sekaligus penandatanganan MoU dengan pihak Bank Sultra dan PT Sido Muncul terkait pengembangan singkong gajah, Selasa (23/8). (Foto: Ridha/BKK)

RUMBIA, BKK – PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan kesiapannya untuk membantu masyarakat Kabupaten Bombana dalam mengembangkan tanaman singkong gajah. Kesiapan tersebut disampaikan Direktur Pemasaran Bank Sultra, Depid pada acara peresmian penggunaan gedung aula kantor bupati Bombana di Rumbia, Selasa (23/8).

Acara yang dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Bombana dengan PT BPD Sultra dan PT Sido Muncul Pupuk Nusantara dalam rangka pengembangan singkong gajah di Kabupaten Bombana ini dihadiri seluruh camat, lurah, serta kepala desa.

Dalam sambutannya, Depid mengaku, jika Bank Sultra sudah banyak melakukan langkah berkaitan dengan program pembangunan terutama di sektor pertanian. “Melalui kesempatan ini saya sampaikan bahwa Bank Sultra terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mendukung program pembangunan. Untuk pengembangan singkong gajah, kami berkomitmen untuk membantu masyarakat melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR),” kata Depid.

Menurut dia, singkong gajah merupakan komoditas yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Bombana, sehingga upaya Pemkab   termasuk kesiapan pihak PT Sido Muncul harus didukung penuh oleh pihak Bank Sultra.

“Sebagai informasi, singkong gajah ini masih diimpor dari luar negeri dan PT Sido Muncul membutuhkan singkong gajah ini dalam proses produksi tepung singkong. PT Sido Muncul juga akan membangun pabrik di Sultra,” ujar Depid.

Menanggapi hal itu, Bupati Bombana H Tafdil mengatakan, pihaknya menerima program pengembangan singkong gajah tersebut karena proses pemasarannya yang tidak rumit. Menurut dia, Pemkab Bombana bersama dinas terkait telah melakukan penandatanganan MoU dengan PT Sido Muncul berkaitan dengan rencana pengembangan tanaman tersebut di Bombana.

“Kemarin kita sudah ke PT Sido Muncul menandatangani MoU, dukungan pihak Bank Sultra terkait program ini sangat kami apresiasi. Kami berharap, pengembangan singkong gajah ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di daerah ini,” tukas Tafdil (cr2/c)

 

Click to comment
To Top