Tiga Pasang Bertarung, Seru! – Berita Kota Kendari
Suksesi

Tiga Pasang Bertarung, Seru!

Dr Bahtiar (RAHMAT R. / BKK)

Dr Bahtiar (RAHMAT R. / BKK)

KENDARI, BKK – Pengamat politik dari Universitas Halu Oleo (UHO), Dr Bahtiar MSi memprediksi akan ada tiga pasang calon yang akan bertarung dalam pemilihan walikota Kendari 2017. Dan menurutnya, tiga pasang ini sangat ideal dan membuat proses demokrasi berlangsung seru.

“Sudah bisa dipastikan ada tiga figur yang akan bertarung di Pilwali mendatang, mereka ada yang jelas saat ini sudah memiliki kendaraan politik,” ungkapnya.

Bahtiar menyebut tiga calon itu adalah Adriatwama Dwi Putra (ADP), Abdul Rasak dan Muh Zayat Kaimoeddin (Derik).

“Tiga nama tersebut bisa dipastikan karena saat ini sudah memiliki rekomendasi dari masing-masing partai pendukung, Derik sendiri sudah dalam waktu dekat ini sudah akan mendapatkan pintu Partai Demokrat dan PDIP, ” terangnya.

Bahtiar menambahkan, posisi Ishak Ismail saat ini sudah mendapatkan rekomendasi untuk mencri partai politik, tetapi partai politik sudah terpetakan.

“Jika Anak Lorong memegang PDIP sendiri maka dengan siapa dia akan berpasangan, karena beberap partai yang diincarnya sudah dikantongi oleh Derik, ” tambahnya.

Arah anak lorong saat ini terang Bahtiar berada pada posisi digantung, tetapi dia figur yang harus diperhitungkan karena gebrakan sosialosai yang dilakukannya saat ini.

“Anak lorong saat ini meskipun nantinya tidak memiliki partai koalisi akan tetapi dia sudah memiliki basis massa yang besar karena gebrakan yang dilakuknnya selama ini, ” tandasnya Dekan Fisip UHO tersebut.

Anak lorong pada prinsipnya tidak memiliki beban karena dia awalnya bukan dari legislaif ataupun nirokrasi yang memaksa dia harus mundur, ke calon yang lainnya sudah mengambil resiko yang sangat besar.

“Tetapi intinya adalah yang akan lahir dalam pencalonan pilwali ini hanya ada 3 figur dari peta politik yang saat mengalir di Sultra yakni ADP, Rasak, dan Derik, ” paparnya.

Dari kompisis partai yang ada hanya memaksa untuk 3 figur karena konstalasi politik itu bergeser dan terjadi pada internal Gerindra.

“Setelah Gerindar di ambil alih Imran, maka konstalasi politik berubah dan semuanya beralih menjadi lahirnya 3 figur yang akan tampil dipilwali, ” tegasnya.

Jika sebelumnya Gerindra belum ada dikubuh Imran maka kemungkinan Anaknya bisa merebutnya dan akan ada 4 figur yang tampil.

“Saya menilai hasil final yang akan bertarung dipilwali ini hanya akan 3 figur dan kemungkinan Derik dan Ishak Ismail akan membangun koalisi, ” tutupnya.

Diuraikan, jika tiga pasang ini bertarung maka menguntungkan bagi Derik, karena wilayah garapan Rasak dan ADP sama, sementara Derik akan bebas mendapatkan dukungan dari komunitas kepulauan dan Bugis- Makassar. (p7-p8/c/lex)

 

Click to comment
To Top