Idul Adha, Kadin Prediksi Harga Daging dan Beras Naik – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Idul Adha, Kadin Prediksi Harga Daging dan Beras Naik

La Mandi SEKENDARI, BKK – Menjelang lebaran Idul Adha 1437 H, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memprediksi harga komoditi daging dan beras akan kembali mengalami kenaikan.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum (Ketum) Kadin Sultra La Mandi SE, kata dia, untuk komoditi daging akan mengalami kenaikan harga menjelang Idul Adha, sebab saat ini pemerintah saja mengalami kekurangan stok daging.

“Akan tetapi jika pemerintah mau melakukan impor untuk menutupi kebutuhan daging menjelang lebaran Idul Adha, maka pasti harga daging akan turun,” ungkap La Mandi kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK) saat ditemui diruang kerjanya Senin (22/8).

Namun, lanjut La Mandi, untuk komoditi lain seperti sembilan bahan pokok (sembako) utamanya beras juga akan mengalami kenaikan harga seperti halnya daging, karena berdasarkan pantauan selama ini setiap kali lebaran harga beras tidak pernah turun tetapi selalu naik.

Selain itu, kata La Mandi, suplai beras yang ada di Sultra juga masih mengalami kekurangan, sehingga komoditi beras kerap kali mengalami kenaikan.

“Untuk mengantisipasi itu tentunya pihak pemerintah dalam hal ini pihak Dinas Perindustrian Perdangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Kendari, harus turun kepasar disamping itu pihak pemerintah harus perbanyak menggelar pasar murah,” paparnya.

Dikatakan, selain beras dan daging, komoditi lain seperti bawang juga akan mengalami kenaikan menjelang lebaran Idul Adha nanti, sebab komoditi bawang merupakan komoditi yang paling pokok ketika lebaran nanti. Sehingga, sorot La Mandi, banyak pedagang yang memanfaatkan kondisi itu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. (m3/c/lex)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top