Gedung SMKN 4 Baubau Terbakar – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Gedung SMKN 4 Baubau Terbakar

Gedung SMKN 4 Baubau Terbakar

Gedung SMKN 4 Baubau Terbakar

BAUBAU, BKK – Sebuah bangunan milik SMKN 4 Baubau, Sulawesi Tenggara di Pulau Makasar (Puma), Kelurahan Sukanaeo, Kokalukuna ludes dilalap api. Api diduga berasal dari rumput yang terbakar tak jauh dari bangunan kemudian merembet di gedung serbaguna tersebut. Peristiwa itu terjadi Minggu sore (21/8) sekitar pukul 15.00 Wita.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. Tidak ada barang-barang dan dokumen berharga di dalam bangunan yang memang jarang dipakai tersebut. Api baru bisa dipadamkan selama tiga jam setelah ratusan warga Puma berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Nda tahu juga, katanya dari rumput. Itu rumput nda tahu dibakar orang atau karena apa kita nda tahu,” tutur Ogi, salah seorang warga.

Peristiwa itu sendiri terjadi saat ratusan masyarakat Puma sedang memenuhi Pantai Lakorapu untuk menghadiri Festival Pantai Pulau Makasar (FPPM) yang digelar Pemkot Baubau.

Kepala SMKN 4 Baubau, Sa’ani juga tidak mengetahui pasti asal api. Dia baru mengetahui peristiwa itu setelah ada warga yang menghubunginya. Sa’ani juga hanya dapat merinci kerugian akibat peristiwa itu mencapai Rp 400 juta lebih. Sa’ani menyebut, ini kali kedua sekolahnya dilalap si jago merah. “Tahun lalu itu bangunan sebelahnya, dulu karena korslet,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Baubau, H Masri, Senin (22/8) mengatakan, sudah mengetahui peristiwa tersebut. Informasi yang diterima api berasal dari rumput yang terbakar tak jauh dari gedung. Namun katanya pihak kepolisian masih menyelidiki peristiwa tersebut.

“Saya juga sudah perintahkan kepala sekolahnya untuk merinci apa-apa saja kerugian negara dari peristiwa itu. Kemudian kita usulkan untuk pergantian,” ungkap Masri. (k2/c)

To Top