Suksesi

Dua Pasangan Balon Independen Lolos Verifikasi Administrasi.

Dua Pasangan Balon Independen Lolos Verifikasi Administrasi.

Dua Pasangan Balon Independen Lolos Verifikasi Administrasi.

RUMBIA, BKK- Dua pasangan bakal calon (Balon) kepala daerah jalur independen di Kabupaten Bombana yang telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, dinyatakan memenuhi syarat jumlah dukungan . Dua pasangan tersebut yakni Atikurahman-Achmad Nompa (Armada), serta pasangan Muhammad Sahir-Kaharuddin (Sangkar).
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Bombana Ashar mengatakan, berdasarkan hasil verifikasi administrasi dan dugaan kegandaan per 20 agustus, pasangan Armada yang menyerahkan dukungan wajib pilih sebanyak 11.004 menjadi 10.854, setelah ditemukan dukungan ganda internal 114 , ganda eksternal 1.268 dan ganda identik terhapus 116. Sementara pasangan Sangkar dari 13.672 menjadi 13.362, dimana ganda internal 35 ,ganda ekternal 1.242 dan potensi ganda terhapus 61.
“Jadi keduanya memenuhi syarat minimal 10.745 dukungan. Langkah selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual oleh panitia pemungutan suara (PPS) di setiap desa dan kelurahan yang akan dimulai 24 Agustus hingga 6 September mendatang,” ungkap Ashar kepada Berita Kota Kendari (BKK), Minggu (21/8).

Dijelaskannya, sebaran kecamatan untuk dukungan pasangan Armada berjumlah 19 kecamatan. Sementara pasangan Sangkar 12 kecamatan.

Sebagai upaya memaksimalkan kinerja panitia peemilih kecamatan (PPK) dan PPS dalam melakukan proses verifikasi faktual yang baik, lanjutnya, KPU Bombana kini tengah melakukan bimbingan teknis (Bimtek) bagi anggota PPK dan PPS di tiga daerah pemilihan (Dapil) yakni Rumbia, Kabaena dan Poleang.

“Untuk Dapil Rumbia, kami sudah melakukan bimtek hari Sabtu lalu, sementara untuk Dapil Kabaena dan Poleang kita lakukan Senin (kemarin),” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, ketua KPU Bombana Arisman mengatakan, tahapan verifikasi administrasi telah selesai. Pihaknya berharap, proses pelaksanaan tahapan verifikasi faktual PPS nanti dapat berjalan dengan baik berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Harapan kami PPS dapat mlakukan verifikasi sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku. Untuk PPK agar melakukan rekapitulasi dengan mengundang tim pasangan calon dan panwascam diwilayah kerjanya masing-masing,” harapnya. (cr2/b/nur).

To Top