Dewan Minta PU Tegur Kontraktor yang Tak Pasang Papan Proyek – Berita Kota Kendari
Beranda

Dewan Minta PU Tegur Kontraktor yang Tak Pasang Papan Proyek

KENDARI, BKK- Wakil Ketua Komisi III La Ode Azhar meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari untuk menegur semua kontraktor yang mengerjakan proyek tanpa memasang papan proyek (papan informasi).

Menurutnya, papan informasi merupakan perkara wajib yang mesti ada dalam setiap pengerjaan proyek. Meski sepele dan tidak berpengaruh pada pengerjaan, namun hal ini tetap menjadi penting.

“Papan informasi itu tujuannya untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa ada pengerjaan proyek disini dengan anggaran sekian dan lama pengerjaan sekian. Selain itu, papan informasi juga berguna untuk memudahkan kontrol masyarakat atas pengerjaan proyek tersebut,” terang Azhar ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/8).

Politikus partai Golkar ini juga menegaskan, jika permintaan ini tidak diindahkan maka mesti ada sanksi yang diberikan. Misalnya, catatan bagi kontraktor untuk menjadi bahan evaluasi berikutnya dalam pengerjaan proyek lain.

“Sanksi penting untuk menegaskan aturan, sehingga kesalahan tidak terulang. Termasuk hal sepele seperti ini, karena tujuannya penting,” pungkasnya.

Anggota Komisi III lainnya La Tifu juga menambahkan, papan informasi menjadi wajib bukan hanya pada tujuannya, melainkan karena pengadaannya juga dianggarakan. Jika tidak ada maka ada penggunaan anggaran yang dikurangi.

“Ini wajib ada karena dianggarkan, jadi kalau tidak dipasang maka kontraktor sudah menyalahi peruntukan anggaran itu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Kendari Tigor dikonfirmasi terkait hal ini, mengaku sepakat dengan intruksi dewan dan akan segera menegur para kontraktor yang menangani proyek saat ini.

“Saya akan turun lapangan untuk melihat apakah ada yang mengerjakan proyek di Kendaru ini dengan tidak memasang papan informasi, jika betul maka kami akan tegur,” pungkasnya.(m2/b/nur)

Click to comment
To Top