Antisipasi Konflik Sosial, Pemkab Muna Konsolidasi – Berita Kota Kendari
Aktualita

Antisipasi Konflik Sosial, Pemkab Muna Konsolidasi

RAHA, BKK – Untuk mengatasi terjadinya konflik sosial masyarakat di Kabupaten Muna, Pemerintah Kabupaten Muna telah mengambil langkah-langkah pencegahan dengan menggelar rapat konsilidasi antara Pemda Muna bersama TNI/ Polri. Rapat Konsolidasi ini dipimpin langsung Sekda Muna Nurdin Pamone SH Senin (22/8) di Kantor Bupati Muna.

Rapat itu diikuti Kasdim 1416 Muna Mayor Inf Suharjani Dwi Siswanto, Wakapolres Kompol Rofiko Yulianto, Kasi Intel Kejari Muna, Kepala Kesbangpol Muna La Ode Abdul Kadir, Pasi Intel Kodim 1416 Muna, Kasat Intel Polres Muna, serta sejumlah jajaran kepala SKPD Muna.

“Agar tidak terjadi konflik sosial di masyarakat , ada tiga hal yang kita rekonsiliasikan yakni pencegahan, penanganan, dan pemulihan keamanan pascakonflik. Melalui rapat ini, kita berharap berbagai pencegahan maupun antisipasi konflik sosial yang kita ketahui dapat kita cegah dengan sebaik mungkin,” ujar Nurdin. Menurutnya, penanganan konflik sosial merupakan implementasi dari undang-undang nomor 7 tahun 2012 .

Sementara Kasdim 1416 Muna Mayor Inf Suharjani Dwi Siswanto mengatakan, peran aktif TNI khususnya Kodim 1416 Muna dalam hal pencegahan konflik sosial tersebut merupakan salah satu tugas pokok TNI. Namun, katanya, dibutuhkan sinergitas antara pemda, Kesbangpol, dan pihak kepolisian. Sehingga, konflik sosial yang timbul ataupun yang akan timbul di wilayah bisa diantisipasi dan bisa diprediksi. (cr1/c)

Click to comment
To Top