Akhir Tahun Dishub Sultra Siap Terjunkan 10 BRT – Berita Kota Kendari
Beranda

Akhir Tahun Dishub Sultra Siap Terjunkan 10 BRT

Hado Hasina (RAHMAT R. BKK)

Hado Hasina (RAHMAT R. BKK)

KENDARI, BKK- Dalam rangka mempermudah akses transportasi dalam dan luar kota, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menurunkan 10 Bus Rapid Transit (BRT). Layanan angkutan massal itu akan beroperasi di Kota Kendari, Bau Bau dan Kabupaten Kolaka.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra Hado Hasina mengukapkan, program BRT ini adalah untuk mempermudah akses transportasi Kota Kendari dan sekitarnya, sehingga bandara dan pelabuhan bisa diakses masyarakat dengan mudah.

“Tujuannya akan mengurai kesulitan transport Kota Kendari dan sekitarnya agar simpul-simpul transportasi yang sudah terbangun, seperti bandara terminal B dan pelabuhan dapat dengan mudah dicapai oleh masyarakat yang natabenenya adalah pengguna jalan,” jelas Hado, Senin (23/8).

BRT ini juga, lanjutnya, adalah bisa memicu percepatan perkembangan pelabuhan, seperti Bungkotoko dan beberapa pembangunan darat dan udara yang saat ini masih kurang disentuh oleh akses transportasi maupun masyarakat.

“Dengan adanya program BRT ini juga maka akan memicu percepatan operasional pelabuhan laut Bungkutoko dan terintegrasi dengan pembangunan darat dan udara yang sudah terbangun selama ini, ” paparnya.

Saat beroperasi nanti, bus tersebutpun sudah memiliki jalur-jalur tersendiri dan akan diberhentikan di masing-masing halte yang sudah ada dalam kota.

Keberadaan transportasi ini, tambahnya, selain akan mempermudah masyarakat dan turut membantu dalam akses transportas pembangunan, juga akan menjadi alat transportasi yang efisien dalam pelayanan masyarakat baik jarak jauh maupun jarak dekat.

“BRT juga bisa terintegrasi degan berfungsinya Jembatan Bahteramas yang rencananya akan selesai tahun 2018 nanti. Dengan begitu maka jalur Bungkutoko dan Purirano, Tapulaga dan ke Sadoha menjadi mudah aksesnya dan cepat terjangkau, ” tandasnya. (p7/b/nur)

Click to comment
To Top