Pengembangan Kapasitas Wartawan dan Organisasi PWI Sultra – Berita Kota Kendari
Beranda

Pengembangan Kapasitas Wartawan dan Organisasi PWI Sultra

nur alamKENDARI, BKK – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam berikan bantuan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra sebesar Rp 500 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan kapasitas dan kompetensi wartawan serta organsisasi itu sendiri.

“Saya harap dengan bantuan itu, wartawan Sultra bisa memiliki kompetensi yang bisa berdaya saing dengan wartawan di kota lain,” ungkap Nur Alam dalam sambutannya saat menghadiri pengukuhan pengurus dan rapat kerja daerah (Rakerda) PWI Sultra, di Swissbel Hotel Kendari, Sabtu (20/8).

Dalam kesempatan itu, Nur Alam juga memaparkan PWI memiliki dua tugas secara umum yakni meningkatkan kualitas dan profesionalisme kemajuan anggotanya dan melakukan uji kompotensi agar wartawan memegang sertifikat kompetensi profesi. Dari dua tugas tersebut, menurutnya wartawan memiliki tiga fungsi untuk membantu jalannya roda pemerintahan.

“Ada tiga fungsi yang dimiliki oleh media yakni fungsi fransmisi, fungsi bangking dan fungsi inkubator, ketiganya harus berperan aktif dalam menggerakkan roda pemerintahan dan bisa menjadi pengetahuan publik secara umum, ” terangnya.

Iapun menjelaskan fuksi transmisi yang dimaksudkannya yakni penghubung antara mesin penggerak dan roda pemerintahan. Kemudian fungsi banking, ini adalah tahapan menampung informasi dari pemerintahan dan menyaring, kemudian memberikan informasi tersebut kepada masyarakat. Sedangkan fungsi inkubator yakni merancang kembali input-input berita yang berkualitas yang kemudian disebarkan ke masyarakat.

“Fungsi ingkubator adalah menyaring berita-berita yang berkulats sehingga bisa dikonsumsi pembaca dengan baik, ” tuturnya.

Sementara ketua PWI Sultra Sarjono yang dikonfirmasi terkait bantuan yang diberikan Gubernur Sultra tersebut mengatakan, perhatian pemerintah daerah (Pemda) setempat terhadap PWI ini bukan kali pertama. Beberapa waktu lalu bantuan yang sama juga pernah diberikan.

“Semua ini dilakukan karena pemda ada panggilan untuk meningkatkan kapasitas organisasi, juga kapasitas para wartawan, salah satunya seperti yang diharapkan oleh Ketua Umun (Ketum) PWI H Margiono maupun gubernur adalah uji kompetensi wartawan dan pelatihan peliputan baik wartawan tulis maupun wartawan foto serta wartawan radio,” kata Sarjono

Bantuan yang diberikan Gubernur Sultra itupun lanjutnya, akan dimanfaatkan semaksimal mungkin hanya untuk peningkatan kopasitas wartawan. Bukan untuk belanja barang.

“Saya kira ini suatu bentuk perhatian yang perlu direspon oleh Pengurus PWI utamanya PWI Sultra, untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dengan batuan tersebut, harap Sarjono, ada kesadaran dari wartawan untuk mengikuti kegiatan yang berkaitan peningkatan kapasitas, baik uji kompetensi, pelatihan maupun peningkatan organisasi. (m3/p7/b/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top