Karang Taruna Diharap Bikin Program Kreatif – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Karang Taruna Diharap Bikin Program Kreatif

DARSO/BUTUR Proses pelantikan pengurus Karang Taruna Kecamatan Bonegunu.

DARSO/BUTUR
Proses pelantikan pengurus Karang Taruna Kecamatan Bonegunu.

BURANGA, BKK – Karang Taruna di Kabupaten Buton Utara (Butur) bertekad menggelorakan kembali semangat pengabdian sosial melalui dengan melakukan berbagai upaya untuk membuat Karang Taruna kembali bangkit dan berkontribusi bagi masyarakat.

Upaya membangkitkan Karang Taruna dilakukan dengan membentuk kepengurusan ditingkat Kecamatan. Hal itu diawali dengan pengukuhan 35 orang pengurus Kecamatan Bonegunu, Jumat (19/8), yang dilakukan langsung ketua Karang Tararun Butur Muliadin Salenda.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Butur, Muliadin Salenda mengatakan, pelantikan kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Bonegunu merupakan suatu keistimewaan buat organisasi sosial itu sendiri. Karang Taruna bertekat untuk memperkuat basis kepengurusan baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat desa.

“Ini merupakan pelantikan pertama untuk kepengurusan tingkat kecamatan. Kenapa saya harus star dari sini, karena ini merupakan awal dari terbentuknya kepengurusan Karang Taruna di seluruh kecamatan di Butur,” kata Wakil Ketua komisi I DPRD Butur ini.

Dia meminta agar pengurus baru bisa bersinergi dengan berbagai pihak, baik dengan pemerintah daerah, pemerintah kecamatan maupun Pemerintahan desa.

“Banyak tantangan sosial kemasyarakatan yang harus dihadapi. Jadikan Karang Taruna sebagai ladang ibadah. Saya yakin Karang Taruna Kecamatan Bonegunu maju dengan formasi baru,” ujarnya.

Legislator Partai Demokrat ini juga, mengharapkan kepada kepengurusan yang baru untuk segera menyusun program kerja inovatif dan kreatif, tentunya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Camat Bonegunu, Agus Pria Budiana menjelaskan, Karang Taruna merupakan organisasi sosial sebagai wadah pengembangan generasi muda yang mampu menampilkan karakternya melalui cipta, rasa, karsa, dan karya di bidang kesejahteraan sosial dan pengabdian terutama di bidang kesejahteraan masyarakat.

“Kita tentu bersyukur dan berbangga bahwa melalui pelantikan pengurus karang taruna Kecamatan Bonegunu ini, maka telah memproklamirkan bahwa kecamatan ini telah memiliki karang taruna,“ ujarnya.

Ia juga mengatakan melalui momentum yang bersejarah ini karang taruna diharapkan akan menjadi pejuang pembangunan, pengawal perjuangan, militansi kerja dan karya. “Kedepan saya berharap dengan lahirnya karang taruna di Kecamatan ini, dapat mengubah wajah kecamatan menjadi lebih baik lagi dan tetap mempertahankan sebagai daerah yang aman, berbudaya dan religius,” jelasnya.

Dalam acara pengukuhan tersebut, selain dihadiri langsung Muliadin Salenda dan Agus Pria Budiana, diikuti juga anggota DPRD Butur Sauli yang menjabat sebagai Sekretaris Karang Taruna Butur, tokoh masyarakat, para Kades se-Kecamatan Bonegunu, dan beberapa pengurus karang taruna kabupaten. (k5/c)

 

To Top