Aktualita

Ilham Bintang: Wartawan Tak Berorganisasi Menyalahi UU Pers

Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang (kanan) bersama ‎Ketua Bidang Daerah PWI Pusat Atal S Depari, menjelaskan keberadaan wartawan yang belum berorganisasi. (Foto: Armin/BKK)

Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang (kanan) bersama ‎Ketua Bidang Daerah PWI Pusat Atal S Depari, menjelaskan keberadaan wartawan yang belum berorganisasi. (Foto: Armin/BKK)

KENDARI,BKK – Dalam Undang-Undang (UU) Pers, semua wartawan diharuskan untuk memilih salah satu organisasi yang telah diakui dewan Pers

“Wartawan yang tidak berorganisasi penyalahi Undang-Undang Pers. Artinya ‎semua wartawan harus memiliki organisasi dari tiga organisasi yang telah ditetapkan dewan pers,” kata Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia ‎(PWI) Pusat H Ilham Bintang, Minggu (21/8) di Hotel Clarion Kendari di hadapan pengurus PWI Provinsi Sultra.

Ilham ikut menyusun draf UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, sehingga tahu persis penjabaran UU Pers. Seperti halnya keharusan wartawan memiliki organisasi itu diatur pada pasal 7 ayat (1) yakni wartawan bebas memilih organisasi wartawan. Artinya pasal ini lahir karena dibukanya kran dari orde baru yang hanya mengakui PWI satu-satunya organisasi wartawan.

Karena itu, dalam ayat (2) dikatakan ‎wartawan memiliki dan menaati kode etik jurnalistik. Ini artinya, ujar dia, hanya organisasi wartawan yang memiliki kode etik jurnalistik untuk ditaati semua anggotanya, sementara wartawan yang tidak berorganisasi tidak memiliki kode etik organisasi kewartawanan.

Dikatakannya, berdasarkan surat keputusan dewan pers nomor 12/SK-DP/VIII/2016 tentang hasil verifikasi organisasi wartawan tahun 2006, organisasi wartawan yang memenuhi kriteria Standar Organisasi Wartawan, sesuai kesepakatan 27 organisasi wartawan pada pertemuan 14 Maret 2006 di Jakarta yang terverifikasi baru tiga organisasi, yakni PWI, Alinasi Jurnalis Independen (AJI), dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

“Sampai hari ini belum ada penambahan organisasi yang lulus verifikasi sesuai standar organisasi wartawan, masih tiga organisasi,” kata Ilham Bintang.

Karena itu, Ilham berharap semua wartawan untuk masuk salah satu organisasi dari tiga organisasi yang telah lolos verifikasi. (cr3/c)

To Top