Bisnis & Ekonomi

Festival Pasar Lapulu Angkat Derajat Pasar Tradisional

Suasana pelaksanaan Festival Pasar Lapulu, Sabtu (20/8). (Foto: Nirwan/BKK)

Suasana pelaksanaan Festival Pasar Lapulu, Sabtu (20/8). (Foto: Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Warga Lapulu Kota Kendari begitu antusias untuk menyaksikan secara langsung festival pasar Lapulu yang menampilkan begitu banyak perlombaan dengan melibatkan kaum pelajar sebagai kreaktifitas dan lomba melukis drum yang melibatkan pedagang sekitar.

Wali Kota Kendari, Asrun, dalam sambutannya mengatakan dirinya sangat peduli dengan pasar tradisional. Sebab, bagi Asrun pasar merupakan pengganti sawah dan kebun.

“Kami sangat peduli dengan pengembangan pasar tradisional yang ada di Kota Kendari, untuk itu kami akan menganggarkan Rp 120 miliar untuk pengembangan pasar sentral maupun pasar tradisional yang ada di Kota Kendari untuk menunjang kehidupan masyarakat yang lebih baik,” ungkap Asrun, Sabtu (20/8).

Dikatakan, saat ini pihaknya sedanga memusatkan untuk pengembangan pasar lagi, namun pihaknya masih mencari lahan yang strategis. Karena, aku Asrun, jika letak pasar tidak strategis maka akan berpengaruh pada transaksi pembeliannya.

“Hal ini kami lakukan untuk memberi peluang kepada masyarakat agar masyarakat Kota Kendari bisa lebih sejahtera lagi,” paparnya.

Branch Manager PT Bank Danamon Indonesia (BDI) Kendari Mandonga, Hani Winawan mengaku kegiatan seperti sebanrnya sudah dilakukan sebanyak lima kali berturut-turut tiap tahunnya. Kegiatan ini, kata dia, sebenarnya kerja sama antara yayasan Danamon peduli dengan Bank Danamon, yang programnya seputar lingkungan hidup sehingga acara yang digelar lebih banyak ditempatkan di pasar tradisional.

“Kegiatan ini dilakukan supaya masyarakat bisa berkumpul dip pasar seperti diruang terbuka hijau. Oleh sebab itu dalam kegiatan ini juga ada peralatan kebersihan agar dalam kegiatan festival pasar ini bisa dibarengi dengan kegiatan bersih-bersih serta penanaman pohon palem untuk penghijauan, ” ujarnya.

Sementara itu, Direktur PD Pasar Kota Kendari Niko Samara menuturkan kegiatan seperti ini PD Pasar Kota Kendari sangat menyambut baik, semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkesinambungan minimal setahun sekali.

“Karena dengan kegiatan seperti ini kita mengajak pedagang serta semua masyarakat yang ada disekitar pasar bisa menjaga kebersihan dan menghijaukan,” tambahnya.

Menurutnya, kondisi pasar yang dikelolah oleh PD Pasar saat ini dari sisi keamanan selalu kondusif, begitu juga dari sisi kebersihan. Sebab, sorot dia, sisi kebersihan selalu ditingkatkan setiap harinya.

“Dimana kondisi pasar saat dua sampai tiga tahun lalu, jika kita masuk di pasar pasti kelihatannya kumu karena tidak tertata secara rapi. Namun kondisi pasar saat ini karena tertata secara rapi sehingga yang tadinya pihak pembeli datang ke pasar hanya untuk berjalan-jalan saja, namun karena melihat kondisi pasar yang tertata dengan baik sehingga pembeli langsung berkeinginan untuk berbelanja,” tambahnya. (m3/b/lex)

To Top