Headline

Calon Golkar di Pilwali Menang, Ridwan Berpeluang

Ridwan

Ridwan

KENDARI, BKK – Rencana Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra) Ridwan BAE untuk bertarung di pemilihan gubernur (Pilgub) mendatang, tentu memerlukan beberapa strategi agar keluar sebagai pemenang. Salah satunya dengan mengusung bakal calon (Balon) kepala daerah di tujuh daerah pilkada 2017 di Sultra, yang dianggap berpotensi menang.

Seperti yang diungkapkan salah satu pengamat politik Sultra Hamrul Marsulla S.Sos;M.Sos, di pilkada serantak 2017 mendatang, salah satu daerah yang mesti dimenangkan Golkar adalah Kota Kendari. Makanya, untuk mengusung bakal calon (balon) wali kota di ibu kota Provinsi Sultra ini, partai beringin tersebut harus memilih figur yang tepat.

“Kalau calon yang diusung Golkar di Pilwali Kendari menang, maka peluang besar bagi kadernya untuk mengatongi suara terbanyak bila ikut bertarung di pilgub nanti,” jelas Hamrul belum lama ini.

Namun pilihan Golkar, yang telah memberikan rekomendasi kepada Balon Wali Kota Kendari Abdul Rasak dinilainya tepat dan jangan sampai berubah. Pasalnya berdasarkan beberapa hasil survei, balon tersebut memiliki elektabilitas tertinggi.

Iapun menuturkan, kemenangan PAN pada Pilgub Sultra yang lalu masih berpotensi terulang di pilgub mendatang. Namun bila usungannya dalam Pilwali Kendari ditumbangkan maka peluangnya bisa dipatahkan.

“Kalau usungan PAN di Pilwali Kendari kalah, maka hal itu menjadi cerminan untuk daerah lain dan ini bisa menjadi peluang bagi partai besar lain seperti Golkar dimana kadernya seperti Ridwan telah dikenal luas,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, pertarungan pilwali Kota Kendari merupakan langkah awal setiap balon gubernur dan menjatuhkan pilihan dukungannya.

“Ini bisa jadi fatal bagi parpol yang kadernya berkeinginan maju dalam pertarungan pilgub kedepan, sebab salah pilih akan mengakibatkan hilangnya peluang menang di wilayah ibu kota,” paparnya.

Salah satu kader Golkar Rizal juga menambahkan, jika Ridwan maju sebagai salah satu balon dalam pilgub 2018 maka selain partai usungan Golkar menang, pasangan yang dipilih juga mesti tepat.

“Memanfaatkan konflik PAN dan meminang istri Nur Alam (Gubernur Sultra) sebagai wakilnya dalam pilgub nanti akan membuka peluang Ridwan menang telak,” ungkapnya.

Anggota legislatif (aleg) DPRD Kota Kendari ini juga menegaskan, untuk memuluskan kemenangan Ridwan nanti, dia telah membentuk tim yang diberi nama tim advokasi hukum pemenang.

“Tim ini bergerak secara hukum dalam mencari basis suara, mulai dari rumah ke rumah hingga perkumpulan di warung kopi. Tujuannya untuk kemenangan Ridwan,” tutupnya. (m2/b/nur)

 

To Top