Perda RSUD Kendari Dibatalkan, Pemkot Kendari dan Pemprov Sultra Saling Menyalahkan – Berita Kota Kendari
Beranda

Perda RSUD Kendari Dibatalkan, Pemkot Kendari dan Pemprov Sultra Saling Menyalahkan

Ilustrasi

Ilustrasi

KENDARI, BKK- Pembatalan peraturan daerah (Perda) Kota Kendari terkait pergantian nama Rumah Sakit Umum (RSU) Abunawas menjadi RSUD Kendari, berujung saling menyalahkan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurut Kepala Biro (Karo) Hukum Pemprov Sultra Effendi Kalimuddin, perda tersebut dibatalkan akibat tidak adanya nomor registrasi. Pihak Pemkot Kendari juga tidak pernah mengusulkan permintaan registrasi.

“Berdasarkan aturan, memang kita yang berwenang untuk meregistrasi sebuah perda sebelum diserahkan ke gubernur untuk ditandatangani, tetapi bagaimana mungkin kita akan tandatangan kalau tidak ada usulan dari pemkot,” ujar Effendi yang dikonfirmasi via cellular, Jumat (19/8).

Sampai saat ini inipun, lanjutnya, pengusulan pembuatan registrasi atas perda tersebut belum juga dilayangkan pihak Pemkot Kendari. Pihak pemprov kemudian berencana mengembalikan usulan pengesahan perda tersebut untuk dikaji ulang.

“Kita akan segera kembalikan perda tersebut yang tembusannya ke pemkot dan DPRD Kota Kendari untuk dikaji ulang, tetapi subtansinya bukan pada isi perda,” jelasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Kendari Mustand Pasaeno mengatakan, pihaknya sudah mengirim perda tersebut untuk dibuatkan nomor registrasi sesuai dengan prosedur.

“Siapa bilang kita tidak meminta perda tersebut dibuatkan nomor registrasi, sementara tujuannya penyerahan perda itu ke pemprov untuk pembuatan nomor registrasi,” tukasnya.

Adapun alasan pemprov, lanjut dia, dalam melakukan pembatalan perda yang disodorkan sangat tidak rasional karena kesannya seperti kesengajaan. Lain halnya jika pada isi perda yang bertentangan dengan Undang Undang yang lebih tinggi sangat wajar untuk dibatalkan.

“Pemprov ini tidak rasional membatalkan perda yang kita buat. Coba kalau isinya yang salah, wajarlah untuk dibatalkan dan kita juga pasti bisa maklumi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, perda pergantian nama RSU Abunawas menjadi RSUD Kota Kendari tertuang pada perda nomor 10 tahun 2015, yang menjadi bagian dari perubahan kelima perda nomor 8 tahun 2008 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja lembaga teknis daerah. (m2/m3/b/nur)

To Top