Pemkot Kendari Tak Kunjung Serahkan R-APBD Perubahan, Anggota DPRD Terbang ke Jakarta – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemkot Kendari Tak Kunjung Serahkan R-APBD Perubahan, Anggota DPRD Terbang ke Jakarta

Anggota DPRD Kendari dan Sekwan berpose bersama sebelum kegiatan bimtek di Jakarta (Rull/BKK)

Anggota DPRD Kendari dan Sekwan berpose bersama sebelum kegiatan bimtek di Jakarta (Rull/BKK)

KENDARI, BKK- Memasuki Agustus ini, anggota DPRD Kota Kendari sedianya melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Perubahan 2016. Namun rancangannya tak kunjung diserahkan oleh pihak pemerintah kota (Pemkot) setempat, sehingga para legislator tersebut memilih terbang ke Jakarta.

Namun agenda ke Jakarta tersebut bukan untuk sekedar hura-hura. Anggota DPRD ini akan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) nasional, terkait pedoman perencanaan penganggaran terpadu dan penyusunan APBD tahun anggaran 2017, serta pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD.

“Kegiatan ini berlangsung empat hari, mulai Kamis (18/8) hingga Minggu (21/8) yang dilaksanakan di Hotel Ibis Mangga Dua Jakarta,” terang Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Kendari Asni Bonea, yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon genggamnya, Jumat (19/8).

Bimtek tersebut, lanjut dia, bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) serta Universitas Azzahra. Hal ini dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal, sehingga bisa menjadi landasan DPRD dalam menjalankan tugasnya. Utamanya dalam pembahasan R-APBD nanti.

“Dengan bekal ini, DPRD bisa lebih banyak tahu tentang bagaimana penyusunan anggaran dalam RPMJ, RKPD, KUA PPAS dan R-APBD hingga pelaksanannya,” jelas Asni.

Untuk itu, dalam kegiatan ini semua anggota DPRD wajib ikut, hanya saja ada beberapa yang tinggal untuk mengantisipasi penyampaian aspirasi masyarakat.

“Yang tidak ikut berangkat yaitu Ketua Badan Pembentukan Peraturan daerah (Bapperda) Muhammad Ali dan Ketua DPRD Abdul rasak. Selain itu semua ikut kegiatan ini,” pungkasnya.

Semenatara itu, Ketua Fraksi PDIP La Ode Umar Bonte menganggap bimtek ini menjadi penting dikarenakan beberapa alasan. Diantaranya dewan dapat mengetahui mekanisme penganggaran dan pengusulan proyek yang tidak melalui pembahasan DPRD.

“Selama ini kita hampir tidak tahu dari mana asal proyek yang tiba-tiba ada tanpa pembahasan di DPRD, tetapi dengan adanya kegiatan ini semua menjadi jelas,” tambahnya.(m2/b/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top