Beranda

Oktober, Gaji Karyawan DKP Dinaikan Rp 100 ribu

KENDARI, BKK – Tenaga kebesihan di Kota Kendari, dinilai telah memberikan kontribusi untuk kebersihan kota hingga menciptakan rasa nyaman dan sejuk, bahkan mengantarkan ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini beberapa kali meraih piala adipura. Hal itupun mendorong pemerintah kota (Pemkot) setempat, untuk menaikkan gaji mereka Rp 100 per bulan mulai Oktober mendatang.

Kepala DKP Kota Kendari Tin Farida mengungkapkan, penaikan gaji tenaga kebersihan tersebut memang dilakukan setiap tahun. Namun sayangnya tetap saja belum mencapai standar Upah Minimum Regional (UMR).

“Mereka (tenaga kebersihan-red) digaji berdasakan kemampuan daerah dan hitungannya harian,” terang Farida, Jumat (19/8).

Rencana penaikan gaji itu, lanjutnya, akan segera diusulkan pada anggaran perubahan 2016. Bila itu disetujui, maka setiap tenaga kebersihan akan mendapat gaji diatas Rp 1 juta.

“Sebenarnya kalau gaji mereka sekarang Rp 800 ribu per bulannya, tetapi Sabtu dan Minggu ada namanya lembur dengan honor Rp 240 ribu. Kalau dinaikkan lagi Rp 100 ribu tahun ini maka yang diterima diatas Rp 1 juta,” ujarnya.

Sejauh ini, diakui Farida, beberapa tenaga kebersihan memang masih sering mengeluhkan gajinya yang terbilang minim tersebut. Namun demikian, pihaknya juga harus menyesuaikan dengan kemampuan daerah.

“Pak wali kota dan pihak DPRD sebenarnya ingin sekali menaikan gaji tenaga kebersihan ini, tapi lagi-lagi harus disesuaikan kemapuan daerah untuk membiayainya,” pungkasnya. (m3/b/nur)

 

To Top