Polda Sultra Pelajari Kasus Dugaan Pungli Tunjangan Gudacil – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Polda Sultra Pelajari Kasus Dugaan Pungli Tunjangan Gudacil

KENDARI, BKK – Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra). tengah mempelajari kasus dugaan pungutan liar (pungli) tunjangan guru daerah terpencil (gudacil) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra.

Kepala Subbidang (Kasubbid) Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Bidhumas Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh, Penyidik masih selidiki dan pelajari kasus dugaan pemotongan tunjangan guru daerah terpencil.

“Berdasarkan hasil penyelidikan sementara bahwa anggaran yang digunaan terkait dengan adanya dugaan pungli pada tunjangan gudacil tersebut, berasal dari Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Pusat. Dimana, dikirim secara langsung melalui rekening ke masing-masing guru yang bersangkutan,” terang Dolfie Kamis (18/8).

Lanjutnya, Intinya penyidik masih dalami ini, yang jelasnya untuk memperjelas bahwa itu benar adanya, penyidik masih akan meminta kalrifikasi lagi dari beberapa oknum pejabat Dikbud yang dinilai mengetahui tentang tunjangan gudacil

“Selain meminta klarifikasi penyidik masih mempelajari aturan mengenai penyaluran tunjangan gudacil tersebut. Itu dilakukan lanjutnya, untuk mengetahui apakah ada oknum-oknum pejabat yang dinilai bertanggung jawab.Kalau modusnya masih ditelusuri oleh penyidk,”

Dalam kasus ini, sebelumnya penyidik Polda Sultra telah memeriksa beberapa saksi, salah satu diantaranya yang menjabat Kepala Bidang Dinas Dikbud Sultra. Namun saksi mengaku tidak mengatahui kasus pemotongan tunjangan gudacil tersebut.

Sekedar diketahui, berdasarkan laporan masayarakat kasus dugaan pungli itu telah berjalan selama beberapa tahun, yakni pada 2013, 2014, dan 2015. Total pungli yang dinikmati oleh sejumlah oknum diperkirakan telah mencapai miliaran rupiah. (p4/c/lex)

Click to comment
To Top