PDAM Kolaka Kehilangan Air Hingga 72,8 Persen – Berita Kota Kendari
Aktualita

PDAM Kolaka Kehilangan Air Hingga 72,8 Persen

KOLAKA, BKK – Dalam penyalurannya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kolaka mengalami kehilangan air hingga 72,8 persen. Kehilangan tersebut akibat pipa yang sudah keropos.

Menurut Bupati Kolaka, H Ahmad Safei, saat ini sedikitnya 230 ribu jiwa yang tersebar pada 12 kecamatan menggunakan air PDAM. Namun dengan kehilangan air hingga 72,8 persen membuat pelayanan kebutuhan sarana air bersih masyarakat tidak bisa tercukupi.

“Saat ini tarif yang dibebankan kepada masyarakat pengguna air Rp 3.000 per meter kubik,” kata Safei, Kamis (18/8) di Ruang Rapat SMS Berjaya Kantor Bupati Kolaka.

Karena itu, ujar dia, Pemkab Kolaka akan memperbaiki pelayanan dengan melakukan pergantian pipa air yang sudah keropos . Selain itu, mengganti sumber air baku yang berada di Kolaka menjadi Sungai Ulunggolaka untuk digunakan sebagai Sistem Pelayanan Air Minum (SPAM) PDAM Pusat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kolaka, H Abbas mengungkapkan, Pemkab Kolaka saat ini merencanakan untuk melakukan pengembangan SPAM PDAM Kolaka mencakup 5 kecamatan yaitu Latambaga, Kolaka, Baula, Wundulako, dan Pomalaa.

Abbas menambahkan, potensi Sungai Ulunggolaka dinilai sangat tepat jika dilihat dari sistem keandalan debit sebesar 250 liter per detik. Di samping itu, debit air yang cukup besar itu bisa dilakukan pembendungan pada sungai.

“Kalau debit ketersediaan ini bisa dimanfaatkan untuk sumber air minum, maka setidaknya bisa mencapai 150 liter per detik,” kata Abbas. (cr3/c)

 

To Top