Darmin Dituntut Tujuh Tahun Penjara – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Darmin Dituntut Tujuh Tahun Penjara

Muh Darmin

Muh Darmin

KENDARI, BKK – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasarwajo, Basri SH menuntut Muh Darmin selaku terdakwa korupsi dana pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) 2013 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Lasalimu selama tujuh tahun penjara denda Rp 50 juta subsider enam bulan penjara dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Kendari, Kamis (18/8).

Selain hukuman badan, JPU juga membebankan Muh Darmin mengganti uang kerugian negara senilai Rp 400 juta subsider 3,6 tahun penjara di persidangan yang dipimpin majelis hakim, Mustari SH didampingi hakim anggota Andri Wahyudi SH.

Mendengar tuntutan JPU, Muh Darmin yang didampingi penasihat hukumnya, Suiki SH tertunduk diam dengan paras wajah sedih seraya tidak percaya dengan hukuman yang dibebankan kepada dirinya dan akan melakukan pledoi (pembelaan).

Dalam tuntutan JPU, Muh Darmin terbukti dengan sah melangar Undang-Undang (UU) tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian negara

“Terdakwa telah melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP),” baca Basri dalam tuntutannya.

Usai sidang saat ditemui, Muh Darmin merasa tuntutan JPU yang dibebankan kepada dirinya tidak sesuai dengan apa yang dilakukan.

“Tuntutannya itu sangat berat, karena kalau digabungkan secara keseluruhan hukuman saya itu sampai 11 tahun,” kata Darmin dengan nada sedih.

Saat dikonfirmasi apakah dirinya akan melakukan banding saat majelis hakim nantinya memvonis dirinya dengan hukuman yang sama dengan tuntutan JPU, Muh darmin memilih diam dan sepenuhnya menyerahkan kepada penasihat hukumnya.

Ditempat sama, penasihat hukum terdakwa, Suiki SH meminta kepada majelis hakim untuk melakukan keringanan hukuman kepada kliennya, pasalnya hukuman tersebut dianggap terlalu berat.

“Semoga dalam putusan nanti majelis hakim bisa mengurangi hukuman penjara Muh Darmin,” pintanya. (p5/c/lex)

To Top