Bisnis & Ekonomi

20 Pemilik IUP di Kolaka Mulai Beraktivitas

Salah satu aktivitas pengangkutan ore milik salah satu perusahaan di Kabupaten Kolaka. (foto: Kolaka.go.id)

Salah satu aktivitas pengangkutan ore milik salah satu perusahaan di Kabupaten Kolaka. (foto: Kolaka.go.id)

KOLAKA, BKK – Sektor pertambangan tampaknya mulai bergairah kembali. Saat ini sedikitnya 20 perusahaan pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) mulai melakukan aktivitas penambangan.

Kadis Pertambangan dan Energi Kabupaten Kolaka, Ahmad Yani mengaku mendengar kabar kembali aktifnya penambangan di Kolaka, meskipun tidak diketahui persis perusahaan pemilik IUP yang kembali menambang.

“Yang saya tahu sudah ada (melakukan aktivitas), tapi kalau ditanya berapa, saya tidak tahu, karena kita tidak pernah diberitahu, setidaknya ditembuskan,” ungkapnya kepada jurnalis Berita Kota Kendari (BKK), di ruang kerjanya, Kamis (18/8).

‎Menurut mantan Kepala Kantor Penghubung Kolaka di Jakarta ini, aktifnya penambangan di Kolaka pada khususnya, bukan karena faktor perizinan yang menghambat, tapi disebabkan harga nikel dunia yang kembali membaik, sehingga pemilik IUP kembali beraktivitas.

“Sekarang harga nikel sudah berkisar 5,4 dollar. Jadi jangan heran kalau mulai lagi ramai aktif,” ungkapnya.

Ahmad Yani menjelaskan kalau di Kolaka saat ini sedikitnya 20 perusahaan telah melakukan aktivitas dari 30 lebih perusahaan pemegang IUP di Kolaka. (cr3/c/lex)

To Top