Pendidikan

Upacara HUT RI ke-71, Abu Hasan Perdana Jadi Irup

Upacara HUT RI ke-71, Abu Hasan Perdana Jadi Irup

Upacara HUT RI ke-71, Abu Hasan Perdana Jadi Irup

BURANGA, BKK- Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan, untuk pertama kalinya menjadi Inspektur Upacara (Irup) di hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71 yang dipusatkan di lapangan upacara Raja Jin Kulisusu, Rabu (17/8). Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Kapten Inf. Saekoni dari Kodim 1416 Muna dengan jabatan Danramil Maligano.
Suasana upacarapun berlangsung hikmat, yang diikuti unsur TNI, Kepolisian, anggota DPRD, pelajar serta seluruh pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemerintah Daerah Butur. Beberapa tokoh masyarakat juga nampak hadir menyaksikan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dan pengibaran bendera merah putih oleh anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra). Naskah proklamasi sendiri dibacakan ketua DPRD Butur Rukman Basri Zakariah.
Usai pengibaran bendera merah putih dilanjutkan dengan pertunjukan atraksi bela diri oleh anggota Polisi Pamong Praja Butur, serta lagu-lagu perjuangan dipersembahkan anak-anak pilihan dari tingkat SMA . Kemudian, dirangkaikan dengan acara tabur bunga di Dermaga Ereke, untuk mengenang arwah para pahlawan nasional maupun para pejuang kemerdekaan.

Hal yang sama juga terjadi pada acara penurunan bendera yang dimulai pada pukul 17.00 Wita. Upacara penurunan bendera inipun sukses dijalankan anggota paskibra didikan Peltu Hanuuwi dan Serka Mase tersebut.

Anggota paskibra yang bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera ini, dipimpin oleh Sersan Mayor (Serma) Muh. Saleh dari Koramil 1416-4/ Kulisusu, yang merupakan alumni Secaba Reguler tahun 1992. Pasukan pengibar bendera ini berasal dari gabungan beberapa pelajar SMA se Butur, terdiri dari 70 orang dengan rincian pasukan 8, pasukan 17 dan pasukan 45.

Adapun pembawa baki bendera merah putih adalah Nilam Sari dari SMA Negeri I Bonegunu, putri dari pasangan Hendra Gunawan dan Rosniati Hidayak, kemudian Mega Elen Purwati Sutikno, putri dari pasangan Sutikno dan ibu Lidma Ade Nurdin utusan SMAN I Kulisusu.

Sementara pengibar bendera La Ode Razak Munandar, adalah putra pasangan La Ode Abdul dan Wa Ode Neni Muliana, utusan dari SMKN I Wakorumba Utara. Kemudian Zarlin Omi, putra pasangan dari Arifudin dan Surayanti, utusan dari SMAN I Kulisusu. Selanjutnya Rikyn, merupakan putra pasangan La Uwe dan Halimah, utusan SMAN Wakorumba Utara.

Untuk pengapit terdiri dari Serka Asis merupakan Babinsa Koramil 1416-04/Kulisusu, alumni secaba reguler 2009. Sertu Muh. Hasan Wiridin , Babinsa Babinsa Koramil 1416-04/Kulisusu, alumni secaba reguler 2009. Serda Abadan Esy, Babinsa Koramil 1416-04/Kulisusu, alumni secaba reguler 2012. Serda Sardin Husrik, Babinsa Koramil 1416-04/Kulisusu, alumni secaba reguler 2014.(k5/c/nur)

To Top