Tiga Nama Calon Segera Diusulkan ke Wali Kota – Berita Kota Kendari
Beranda

Tiga Nama Calon Segera Diusulkan ke Wali Kota

Alamsyah Lotunani. (Nirwan/BKK)

Alamsyah Lotunani. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Proses lelang jabatan untuk posisi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, telah sampai pada tahap penentuan masing-masing tiga calon pemimpin di dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut. Tim panitia seleksi (Pansel) saat ini tengah mengumpulkan nilai dari sejumlah peserta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Alamsyah Lotunani mengungkapkan, untuk menentukan masing-masing tiga nama calon untuk jabatan eselon II itu nantinya, tentu dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Untuk penetapan satu nama, akan diputuskan Wali Kota Kendari Asrun, setelah hasil dari pansel itu diusulkan.

“Saat ini kita lagi dalam tahap mengumpulkan hasil seleksi dan dalam waktu singkat kami akan rapatkan nilai yang diberikan oleh tim pansel,” terang Alamsyah saat ditemui, Selasa (16/8).

Total peserta yang mengikuti lelang jabatan di dua SKPD itu lanjutnya, yakni berjumlah 10 orang untuk BPKAD. Sedangkan untuk Dinkes hanya empat orang. Semua peserta sudah pasti adalah PNS yang golongannya telah memenuhi syarat untuk menduduki jabatan eselon II lingkup Pemkot Kendari.

Selain memenuhi syarat administrasi, kata Alamsyah, calon Kepala BPKAD dan Dinkes Kendari nantinya, diharapkan mempunyai kemampuan dalam melaksanakan tugas dan mengelolah diri sendiri. Seorang pemimpin juga tentu harus selalu tenang dan tidak emosi dalam mengambil keputusan, serta mampu melayani masyarakat dengan baik.

“Selain itu kita harapkan pemimpin didua SKPD itu harus memiliki komunikasi yang bagus dengan bawahannya maupun warganya. Inilah yang nantinya akan kita lihat. Selain itu, kita juga berharap kedua SKPD ini bisa dipimpin yang betul-betul punya kualifikasi yang baik,” terangnya.

Dua SKPD tersebut merupakan salah satu penentu kemajuan Kota Kendari, sehingga harus dipimpin orang yang tepat. BPKAD misalnya, pemimpinnya harus memiliki kemampuan dalam mengatur dan mengolah keuangan daerah agar predikat Wajar Tanpa Pengecualaian (WTP) yang berhasil diraih Kota Kendari selama ini, dapat terus dipertahankan.

“Demikian halnya Dinkes, pempimpinnya tentu harus bisa menjamin pelayanan kesehatan berjalan baik. Namun yang terpenting juga adalah loyalitas,” pungkas Alamsyah. (m3/c/nur)

 

Click to comment
To Top