Headline

Napi Koruptor dan Narkoba Tak Dapat Resmisi

RAHA, BKK – Nasib narapidana (Napi) kasus korupsi dan narkoba di rumah tahanan (Rutan) Kelas 2 Raha harus gigit jari. Dalam peringatan HUT Kemerdekaan 2016 ini sejumlah Napi mendapat remisi, namun Napi korupsi dan narkoba tak mendapatkan remisi.

“Di HUT RI ke-71 ini ada 75 narapidana yang dapat remisi bebas dan dua orang dapat remisi pengurangan hukuman. Khusus narapidana kasus korupsi dan narapidana narkoba, tidak diberikan remisi,” Ptl Kepala Rutan Kelas 2 LM Masrul SPSH pada koran ini usai upacara HUT RI, Rabu (17/8) yang dipimpin Pj Bupati Muna Drs Moh Zayat Kaimoeddin MSi.

Masrul menyebutkan pada HUT RI kali ini di Rutan Raha sebanyak 75 narapidana mendapat remisi bebas dan dua Napi lainnya mendapat remisi pengurangan hukuman.

Untuk Napi korupsi dan narkoba, masrul menyebutkan di Rutan Raha terdapat 3 Napi narkoba dan lima berstatus tahanan, sedangkan Napi korupsi ada satu orang yang merupakan titipan dari Kendari, La Hafuna, terdakwa kasus korupsi cetak sawah.

Upacara detik-detik HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Rutan Kelas 2 Raha berlangsung hikmad. Upacara dipimpin Pj Bupati Muna Moh Zayat Kaimoeddin diikuti 172 narapidana, serta para pegawai Rutan Kelas 2 Raha.

Upacara ikut dihadiri Plt Kepala Rutan Raha LM Masrul, Kajari Muna, Polres Muna, Kodim 1416 Muna, Ketua Pengadilan Negari Muna, pimpinan DPRD, Sekda serta sejumlah undangan lainnya.

Usai memimpin upacara, Moh Zayat memanggil satu orang napi Ikhlas Muhamad dan dua tahanan La Ipang dan Arwin. Zayat melakukan pertemuan tertutup dengan mereka di ruang Plt Kapala Rutan Raha.

Usai memimpin upacara di Rutan Kelas 2 Raha, Moh Zayat kemudian bertindak sebagai inspektur upacara detik-detik Proklamasi HUT RI ke-71 Pemda Muna yang berlangsung di alun-alun Kota Raha.

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai komandan upacara Kapten Infantri Suherman. Ikut hadir di panggung kehormatan sejumlah pejabat diantaranya Kapolres Muna, Kajari Muna, Dandim 1416 Muna, Ketua PN Raha, Ketua DPRD Muna, para anggota DPRD Muna, para kepala SKPD di lngkup Pemkab Muna dan para undangan lainnya.

Sedangkan yang mengikuti upacara yakni PNS lingkup Pemkab Muna, Polres Muna, Kodim 1416 Muna, Pramuka, para pelajar SMP dan SMA di Kota Raha.

Acara dimulai dengan penaikkan bendera merah putih dari Paskibra. Bertindak sebagai pembawa baki bendera merah putih Sinta Cahyani dari SMA 1 Raha. Pengibaran sang saka Merah Putih berjalan sukses dan hikmad. Usai penaikkan bendera merah putih, acara dilanjutkan dengan pembacaan tek prokamasi oleh Wakil Ketua DPRD Muna Muh Arwin Kadaka.

Usai memimpin upacara bendera HUT RI ke 71, Pj Bupati Muna berpesan agar momentum HUT RI ke 71 ini, dijadikan momentum bagi masyarakat Kabupaten Muna untuk bersatu kembali, membangun Kabupaten Muna.

“Saya harap momentum HUT RI ini dijadikan perekat kembali bagi masyarakat Kabupaten Muna, Perbedaan perbedaan lalu yang pernah ada, hilangkanlah. Sudah saatnya kita membangun Kabupaten Muna agar kedepan lebih maju,” kata Zayat Kaimoeddin.(CR1/c/lex)

 

To Top