Membangun Desa Terpadu Kurangi Kemiskinan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Membangun Desa Terpadu Kurangi Kemiskinan

Surunuddin Dangga

Surunuddin Dangga

Andoolo, BKK – Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga ST MM mengatakan, melalui HUT ke-71 RI Pemkab Konsel pada 2016 membangun Desa terpadu bisa menjawab dan menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat Konsel. Tantangan saat ini semakin banyak, di antaranya kemiskinan pengangguran.

“Makanya kita coba kembangkan pembangunan desa secara terpadu di desa dalam rangka kita mendorong termasuk menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan lahan lahan kosong menjadi sumber kesejahteraan,” katanya Rabu(17/8).

Surunuddin mengatakan, dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), strategi pemerintah konsel yang digunakan yaitu dengan memperkuat internal lingkup Pemda Konsel. Tidak hanya itu, kata dia, dalam program pembangunan desa terpadu, itu bisa memperkuat masyarakat baik dari segi pendapatan, keahlian. sehingga dapat memotong angka kemiskinan dengan memberikan masyarakat peningkatan pendidikan.

Surunuddin berharap pemerintah dan masyarakat bisa bahu-membahu membangun Konsel secara bersama-sama dengan menyelesaiakan program yang telah disusun dalam RPJMD membangun desa secara maksimal.

Surunuddin juga berharap di era otonomi ini agar pemerintah pusat tetap bersinergi dengan pemerintah daerah dengan bisa mendorong percepatan pertumbuhan di daerah. “Karena di kota bisa tumbuh dengan hanya partisipasi pengusaha kalau didaerah untuk mendorong pertumbuhan harus ada campur tangan pemerintah daerah maupun pusat,” katanya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Konsel, Arsalim mengatakan melalui HUT ke-71 RI ini, pemerintah konsel dapat mengisi kemerdekaan dengan melakukan kerja kerja nyata dengan membangun desa menuju desa maju Konsel hebat. Arsalim berharap melalui HUT RI, Indonesia semakin maju sejajar dengan bangsa bangsa lain. Sebab, kata dia, bangsa Indonesia merupakan bangsa besar dan bangsa indonesia bisa menjadi bangsa yang produktif bukan menjadi bangsa yang konsumtif.

Arsalim juga berharap Konsel bisa menjadi daerah produktif bukan menjadi daerah konsuptif sehingga dalam membangun desa segala apa yang menjadi potensi didesa akan diproduktifkan. (k8/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top