“Launching” 4 Mata Pelajaran SD Diintegrasi Untuk Mencegah Peredaran Narkoba – Berita Kota Kendari
Pendidikan

“Launching” 4 Mata Pelajaran SD Diintegrasi Untuk Mencegah Peredaran Narkoba

Kepala Seklah SND 8 Kendari Bahrul SPd (RAHMAT R./BKK)

Kepala Seklah SND 8 Kendari Bahrul SPd (RAHMAT R./BKK)

KENDARI, BKK – Dalam rangka launching pencegahan peredaran narkoba dilingkungan sekolah dan pada usia dini, BNNK Kendari gandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari Selasa, (16/8) di SDN 8 Kendari.

Dalam launching tersebut ada 4 mata pelajaran yang dintegrasikan untuk mencegan peredaran narkoba dan pemahaman dini kepada siswa-siswi SD agar mereka terhindar dari narkoba.

Kepala BNNK Kendari Murniati mengungkapkan bahwa dalam acara launching ada 4 mata pelajaran yang diintegrasikan mengenai pemahaman narkoba diantaranya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pengetahuan Alam, Penjaskes dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

“Mata pelajaran yang dimaksud ini sangat memiliki kedekatan dengan pemahaman narkoba dan bisa langsung diserap oleh siswa , misalnya Pendidikan Agama Islam ini ada surah An-Nisa yakni bahaya Hammar, PKN mengenai regulasi laraangan dari Narkoba, IPA bisa memberikan pengetahuan mengenai bahaya narkoba melalui scince dan Penjaskes mengenai kajian kesehatan dari narkoba tiu sendiri, ” ungkapnya.

Metlode yang digunakan adalah guru mata pelajara ini akan meberikan pengjaran dan akan diselipkan beberapa mata pemahaman narkona.

“Kamu sudah meberikan pembekalan dan silabus selam 3 bulan digodok sehingga mereka memiliki modal dalam memberikan pemahaman bagaimana bahaya inarkoba itu sendiri, ” tambahnya.

Adapun sekolah-sekolah yang ditargetkan sementara ini ada sekolah dasar diwilayah keca,atan kndari dan akan berlangsung selama 2 bulan sebagai percobaan, jika ada peningkatan maka akan penambahan 10 sekolah dan akan berangsur.

“Kami harapkan pencegahan ini bisa cepat karena diwiliyah Kecamatan Kendari ini wilayah rawan narkoba,” paparnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Kepala SDN 8 Mandonga Bahrul SPd bahwanya memag ada 4 mata peajaran yang cocok dengan program BNN ini.

“Ada 4 mata pelajaran yang cocok untuk untuk diitegrasikan dalam mata pelajaran pencegahan ini yakni IPA, Pendidikan Agama Islam, PKN dan Penjaskes, ” tambahnya.

Kami sangat merespon baik karena diwiliuah ini wilayah yang sangat sensitif pada NArkoba dan anak sebagai korbannya bahkan sampai yang jadi kurir.

Nahrul jga berharap siswa-siswa cepat memahami bahaya narkoba melalui pelajaran tersebut dan bisa menjadikan anak-anak terhindar narkoba diusia yang dini.

“Saya berharap para anak didik ini bisa tercegah sejak dini dari barang haram dan mereka terindar dari para pengguna karena mereka sudah mengetahui bahaya, hukum dan tidak adanya manfaat narkoba bagi kehidupan, ” tutupnya. (p7)

 

To Top