Jurnalis Kendari Lakukan Aksi Solidaritas – Berita Kota Kendari
Aktualita

Jurnalis Kendari Lakukan Aksi Solidaritas

KENDARI, BKK – Sejumlah jurnalis Kota Kendari melakukan aksi solidaritas di perempatan Kantor Kejaksaan Negeri Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (16/8) sekitar pukul 10.00 Wita.

Aksi ini melakukan protes terkait dengan tindak kekerasan oknum TNI AU terhadap jurnalis yang terjadi di Medan, Sumatera Utara. “Kami selaku wartawan ikut prihatin atas kekerasan yang dilakukan oleh oknum TNI terhadap wartawan di Medan,” ucap Yusnandar dari Kompas TV Selaku Koordinator Lapangan (Korlap).

Yusnandar menegaskan, ketika bangsa ini akan merayakan kemerdekaan ke-71, kekerasan terhadap wartawan masih saja terjadi. Jurnalis tidak ingin hal ini terjadi secara terus-menerus yang kita butuhkan adalah garansi bahwa tidak ada lagi bentuk kekerasan terhadap wartawan di Indonesia.

Dalam aksi, jurnalis Kendari melakukan aksi damai dan mengumpulkan ID card serta malakukan tabur bunga sebagai bentuk keprihatinan terhadap pemukulan dan kekerasan terhadap jurnalis. Ini juga sebagai bentuk protes terhadap kekerasan yang masih saja terjadi terhadap jurnalis.

Aksi Solidaritas ini, terkait wartawan MNC dan Wartawan Tribun News Medan yang dilakukan oknum aparat TNI AU dan Paskhas TNI AU Medan, massa jurnalis secara bergantian menyuarakan, meminta, untuk menindak tegas aksi yang dilakukan oleh oknum TNI AU karena telah menghalangi tugas-tugas yang dilakukan oleh wartawan saat dilapangan. Selain itu, meminta pada oknum yang terlibat dalam pemukulan tersebut ditangkap dan diadili oknum TNI AU pelaku kekerasan terhadap wartawan di Medan.

Selain itu, masa meneriakkan Panglima TNI harus bertanggung jawab terhadap tindakan kekerasan yang dilakukan oknum TNI AU Medan. Setelah puluhan Jurnalis Kendari melakukan kasi, kemudian membubarkan diri dengan tertib, sehingga arus lalu lintas kembali normal. (p4/c)

Click to comment
To Top