Beranda

Dishub Jamin Angkot di Kendari Memenuhi Standar

Sjarif Sajang. (Nirwan/BKK)

Sjarif Sajang. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari, menjamin angkutan kota (Angkot), yang beroperasi di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini telah memenuhi standar. Semuanya memiliki Standar Presedur Operasional (SOP), punya izin trayek, serta memiliki papan trayek.

“Sejauh ini Angkot yang beroperasi kurang lebih berjumlah sekitar 500-600 unit, semuanya memenuhi standar,” ungkap Kepala Dishub Kendari Sjarif Sajang kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK) lewat telepon genggamnya, Selasa (16/8).

Dikatakannya, untuk segi fisik, angkot yang beroperasi di Kota Kendari di beberapa tempat lebih baik jika dibandingkan dengan kota-kota lain, sehingga penumpang yang naik merasa nyaman dan aman. Masyarakatpun tinggal memilih angkot yang mana harus ditumpangi.

“Angkot yang beroperasi selama ini bisa memberikan kenyamanan kepada penumpangnya yang didukung dengan fisik angkot yang bagus, bersih, harum, dan nyaman. Selain itu, kami harapkan supir juga bisa berpenampilan rapi dan tidak ugal-ugalan,” paparnya.

Pihaknyapun terus melakukan langkah pengawasan untuk mengantisipasi adalanya angkot yang tidak memenuhi standar. Ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan penumpang.

“Jika ditemukan angkot yang tidak memenuhi standar operasi maka langkah kami dengan memberikan pembinaan, peringatan, bahkan bisa saja pencabutan izin angkot yang bersangkutan. Jika angkot sudah tidak lolos dalam proses kir (uji kelaikan), maka angkot yang bersangkutan tidak bisa beroperasi lagi,” bebernya. (m3/c/nur)

 

To Top