237 Napi Tahanan Klas II A Kendari Dapat Remisi – Berita Kota Kendari
Beranda

237 Napi Tahanan Klas II A Kendari Dapat Remisi

KENDARI, BKK – Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-71 sebanyak 286 Narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Kendari, diusulkan untuk mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan. Tiga diantaranya adalah napi kasus korupsi.

Namun yang disetujui Kementerian Hukum dan Hak Asasai Manusia (KemenkumHAM) hanyalah 237 napi. Selebihnya belum masuk dalam surat keputusan (SK) remisi 17 Agustus tersebut, termasuk tiga napi koruptor itu.

“Dari pengusulan tersebut, sampai saat ini hanya 49 napi yang belum keluar SK-nya termaksud tiga napi korupsi,” kata Kepala Lapas Klas IIA Kendari Adjie, saat ditemui usai upacara Hari Kemerdekaan RI, Rabu (17/8).

Sejumlah tahanan yang mendapatkan remisi tersebut adalah napi dengan kasus yang berbeda-beda. Khusus untuk kasus narkoba diusulkan 47 orang namun yang keluar SK remisinya hanya empat.

“Napi narkoba yang kita usulkan itu sebanyak 47 orang, tetapi yang keluar SK-nya baru empat orang saja. Sisanya masih sementara menunggu apakah akan mendapatkan remisi atau tidak,” tambah Adjie.

Lanjutnya, dari keseluruhan napi yang diusulkan, rata-rata mendapatkan remisi atau pemotongan hukuman selama lima sampai enam bulan. Tergantung masa pidana yang dijalani.

“Kalau napi pidana umum sesuai dengan masa hukuman yang dijalani. Kalau masa hukumannya itu mencapai bertahun-tahun maka pengurangan tahanannya itu bisa mencapai maksimal 6 bulan,” lanjut Adjie.

Dari keseluruhan pengusulan remisi warga binaannya, Adjie mengungkapkan, hanya satu orang yang langsung bebas. Napi tersebut adalah Agus Susanto, dengan kasus pembunuhan di Kabupaten Kolaka.

“Hanya satu orang yang bebas. Dia (Agus) sudah enam tahun menjadi warga binaan Lapas Kendari,” pungkasnya. (p5/c/nur)

Click to comment
To Top