Sultra Demo Terima Piagam Akreditasi Pemantau – Berita Kota Kendari
Aktualita

Sultra Demo Terima Piagam Akreditasi Pemantau

IST JADI PEMANTAU PEMILU. Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu menyerahkan piagam akreditasi pemantau pemilu kepada Direktur Sultra Demo, Arafat sebagai dokumen resmi menjadi lembaga pemantau Pilwali.

IST
JADI PEMANTAU PEMILU. Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu menyerahkan piagam akreditasi pemantau pemilu kepada Direktur Sultra Demo, Arafat sebagai dokumen resmi menjadi lembaga pemantau Pilwali.

KENDARI, BKK – Lembaga non pemerintah, Sultra Demokrasi Monitoring (Sultra Demo) resmi menjadi lembaga pemantau pemilihan walikota Kendari 2017, setelah menerima piagam akreditasi lembaga pemantau dari KPU Kota Kendari, Senin (15/8).
Penyerahan piagam akreditasi pemantau dilakukan Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu S Sos kepada Direktur Sultra Demo Arafat SE MM, di ruang media center KPU Kota Kendari. Dalam penyerahan tersebut Hayani didampingi Sekretaris KPU Kota Kendari Muskam dan Pokja Pendaftaran Faidil. Sedangkan Arafat didampingi pengurus Sultra Demo Atman Mappa dan Kiesman M Thalib.
Bersamaan menyerahkan piagam akreditasi, Hayani juga menyerahkan dokumen yang berisikan hak, kewajiban, dan kode etik pemantau pemilu.
Dalam sambutannya Hayani Imbu mengharapkan agar pemantau menjalankan tugas dan fungsinya sesuai peraturan dan mematuhi kode etik.
“Semoga dengan adanya lembaga pemantau penyelenggaraan pilwali akan makin baik. Dan jika ada pemantau yang melanggar kode etik tentu akan diberhentikan setelah melalui prosedur sesuai peraturan KPU,” kata Hayani.
Sementara itu Direktur Sultra Demo, Arafat mengatakan kehadiran lembaga pemantau Pemilu dijamin undang-undang. “Kehadiran lembaga pemantau adalah menjadi mitra penyelenggara untuk memastikan pelaksanaan berlangsung dengan baik dan demokratis,” kata Arafat.
Arafat berjanji akan senantiasa memegang teguh dan menjaga komitmen untuk melaksanakan tugas, tanggungjawab, kewajiban, dan kode etik sebagai pemantau.
“Insya Allah atas kerjasama kita semua pilwali bisa berlangsung sukses, karena Kendari ini adalah ibukota provinsi, jika terjadi sesuatu dalam penyelenggaraan Pilwali akan berdampak luas. Olehnya itu mudah-mudahan pilwali Kendari berlangsung sukses dan aman,” kata mantan Ketua Panwaslu Kota Kendari ini.
Usai menerima piagam akreditasi lembaga pemantau, Sultra Demo segera melakukan aediensi dengan Polres Kendari karena lembaga pemantau mendapat perlindungan secara hukum. Selain itu, kata Arafat, pengurus Sultra Demo akan melakukan training kepada 148 relawannya yang akan ditempatkan di 64 kelurahan.
Materi trainingnya meliputi, hak, kewajiban, tugas, kode etik, dan tekhnis pemantauan pilwali. “Semua relawan kita memiliki atribut resmi dari KPU Kota Kendari,” katanya.
Rencananya Sultra Demo masih akan merekrut relawan yang untuk di tempatkan pada setiap TPS saat pemungutan suara nanti nanti. (lex)

Click to comment
To Top