KPU Kota Selenggarakan Bimtek Persiapan Pembentukan PPDP – Berita Kota Kendari
Beranda

KPU Kota Selenggarakan Bimtek Persiapan Pembentukan PPDP

Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu

Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu

KENDARI, BKK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari selenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), di Hotel Plaza INN Kendari, Senin (15/8).

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu menjelaskan, kegiatan bimtek yang dimulai sejak 08.30 Wita hingga 15.00 Wita tersebut, diikuti ketua beserta anggota PPK dan PPS yang berjumlah 242 orang.

“Kegiatan ini penting dan wajib diikuti PPK dan PPS, sebab disini diajarkan bagaimana mekanisme koordinasi antara PPK, PPS, RT dan RW dalam rangka pembentukan PPDP,” ujar Hayani Imbu.

Ia melanjutkan, dalam bimtek tersebut PPK dan PPS diajarkan tata kerja berdasarkan prosedur ketika berada dilapangan, dalam rangka pemutakhiran data pemilih. Hal ini untuk memberikan profesionallisme kerja, sehingga tidak mendapatkan complain dari masyarakat.

“Kita inginkan dalam kerja kita menghadapi Pemilihan Wali Kota Kendari 2017, semua strukur yang ada itu bisa profesional dalam bidangnya masing-masing, sehingga nanti ketika berada dilapangan sudah siap secara totalitas,” terangnya.

Selain itu, peserta bimtek juga diajarkan cara merekrut PPDP, dimana ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan. Seperti, melakukan kordinasi dengan RT dan RW setempat, lalu PPS mengusulkan ke KPU untuk ditetapkan.

“Tugas PPS adalah mengusulkan data PPDP ke kita untuk ditetapkan, dimana data tersebut diperoleh dari kerja sama yang dibangun bersama RT dan RW,” jelasnya.

Hayani Imbu juga menambahkan, dengan usainya kegiatan bimtek yang dilakukan KPU, maka sudah saatnya PPK dan PPS untuk turun lapangan melakukan pemutakhiran data pemilih, mengingat waktu yang tersedia sudah semakin masif.(m2/c/nur)

Click to comment
To Top