Kemenkumham Pecahkan Rekor MURI, Lapas Kendari Ikut Terlibat – Berita Kota Kendari
Beranda

Kemenkumham Pecahkan Rekor MURI, Lapas Kendari Ikut Terlibat

Antusias Warga Binaan bersama Pegawai Lapas Klas IIA Kendari Saat Menyanyikan Lagu Hari Merdeka Dalam Menyambut HUT RI Ke-71, Senin (15/8). (foto: Rudy/BKK)

Antusias Warga Binaan bersama Pegawai Lapas Klas IIA Kendari Saat Menyanyikan Lagu Hari Merdeka Dalam Menyambut HUT RI Ke-71, Senin (15/8). (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-71, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Senin (15/8). Hal itu berhasil dicapai dengan menyanyikan lagu “Hari Merdeka” dan mengadakan sejumlah permainan tradisional, bersama seluruh warga binaan di lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) se-Indonesia melalui teleconfrence.

Pihak Lapas Klas IIA Kendari pun ikut ambil bagian dalam menyukseskan upaya Kemenkumham untuk memecahkan rekor MURI tersebut. Sebanyak 405 warga binaan dilibatkan, dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka dan mengikuti kegiatan perlombaan tradisional yakni lomba terompah panjang.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Klas II A Kendari Herianto mengatakan, kegiatan bergengsi ini dilaksanakan atas intruksi dari Kemekumham yang melibatkan seluruh warga binaan pemasyarakan se-Indonesia.

“Ada 405 warga binaan yang kami ikutsertakan dalam membantu kegiatan memecahkan rekor MURI ini,” kata Herianto.

Ia menambahkan, warga binaan secara keseluruhan Lapas Klas IIA Kendari telah melampaui kapasitas. Namun itu tidak mengurungkan niat dalam melaksanakan kegiatan bergengsi yang diprakarsai Dirjen Pemasyarakatan seluruh Indonesia itu.

“Warga binaan kami banyak dan tentunya karakter dan sifatnya berbeda-beda. Dengan adanya kegiatan seperti ini bisa mempererat persaudaraan sesama warga binaan dan sesama para pegawai Lapas Kendari,” tambah Herianto.

Ia mengharapkan, dalam kegiatan yang diselenggarakan secara serentak se-Indonesia tersebut, bisa menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi. Terutama warga binaan di Lapas Klas IIA Kendari.

Salah seorang penghuni Lapas Klas IIA Kendari Limin (29), mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Terlebih selama tiga tahun ia menjadi warga binaan, kegiatan seperti itu baru pertama kali digelar.

“Senang sekali bisa ikut kegiatan dalam menyambut HUT RI ini dan baru pertama kali kegiatan seperti ini dilaksanakan di Lapas Klas IIA Kendari. Kayak akrab sekali tanpa sekat dengan pegawai lapas, bisa tertawa sama-sama,” pungkasnya. (p5/b/nur)

Click to comment
To Top