Calya Resmi Mengaspal di Kendari – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Calya Resmi Mengaspal di Kendari

NIRWAN/BERITA KOTA KENDARI SIAPKAN 800 UNIT. GM Hadji Kalla Toyota, Awaludin Stafa (kiri) memperlihatkan mobil All New Calya dalam acara konferensi pers di Warkop Bangi, Kendari, Senin (15/8).

NIRWAN/BERITA KOTA KENDARI
SIAPKAN 800 UNIT. GM Hadji Kalla Toyota, Awaludin Stafa (kiri) memperlihatkan mobil All New Calya dalam acara konferensi pers di Warkop Bangi, Kendari, Senin (15/8).

KENDARI, BKK – Varian terbaru LCGC besutan Toyota, Calya, akhirnya resmi mengaspal di Kota Kendari. Senin (15/8), pihak Kalla Toyota Kendari memperkenalkan mobil berkapasitas tujuh penumpang ini ke publik.
General Manager (GM) Hadji Kalla Toyota Cabang Kendari, Awaludin Stafa, optimis Calya akan mendongkrak penjualan Kalla Toyota yang hanya tumbuh tipis pada tahun lalu. Pasalnya, harga mobil tersebut cukup murah namun sudah dilengkapi dengan desain futuristik dan mesin berteknologi terkini.
“Calya merupakan bahasa sansakerita yang berarti sempurna. Sempurna dalam artian dia punya banyak kelebihan tapi harganya terjangkau. Itu yang membuat kami optimistis Calya akan menjadi mobil paling laku se Sulawesi Tenggara,” kata Awaluddin saat konferensi pers di Warung Kopi Bangi, Kendari, kemarin.    Untuk pasar Sulawesi Tenggara sendiri, Toyota Kalla menyiapkan 800 unit. Target penjualannya pun cukup progresif. Toyota Kalla menarget dalam akan menjual 100 unit Calya tiap bulan.

Khusus Kendari, Toyota Kalla menarget market share hingga 30 persen. Keyakinan itu ditunjang dengan antusiasme masyarakat saat mengetahui produk teranyar Toyota itu.
“Ini yang membedakan All New Calya dengan yang lain. Belum diluncurkan, belum ada harganya, tapi sudah banyak yang mau beli,” katanya.
Manager Marketing Hadji Kalla Toyota Kendari, Aswad Amirudin menambahkan, All New Calya semakin memperkaya pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kendaraan yang nyaman, aman, canggih namun murah. Aswad pun punya keyakinan besar ke depan Calya akan mendominasi mobil-mobil di Kota Kendari.
“Tahun lalu, pertumbuhan market kita hanya tumbuh tipis dari 38,07 menjadi 38, 73. Tapi kehadiran Calya akan segera merubah konstalasi pasar, khususnya di kelas MPV. Kita cukup optimis All New Calya akan tetap tumbuh dengan marketnya sendiri,” akunya.
Supervaisor Hadji Kalla Toyota, Dwi Harianto menuturkan, Calya memiliki lima keunggulan dasar, yakni nyaman, interior komplit, agresif, desain modern dan hemat BBM. Disebut nyaman karena kabin untuk tujuh penumpang didesain membuat para penumpang nyaman, baik di barisan depan, tengah maupun belakang.
“Yang baris kursi ketiga lebih tinggi dengan jarak kepala. Jadi, penumpang di belakang tidak akan merasa sempit,” katanya.
Kelebihan lainnya adalah desain bagian depan yang sudah menggunakan teknologi multi reflektor. Penampilan bannya pun sudah mengikuti ban-ban mobil premium yang sudah meninggalkan bahan kaleng.
Jarak ban dengan  Selain itu sudah tidak lagi memakai fileg berbahan kaleng. Selain itu, mobil ini dibuat agak tinggi sehingga pengemudi tidak perlu lagi khawatir tersangkut saat melewati jalanan yang terjal.
Tidak sampai di situ, meski dibanderol lebih murah dari ‘kakak-kakaknya’, Calya sudah didukung pengamanan penting seperti airbag serta pengereman sistim ABS. Dan, yang paling diinginkan konsumen, mobil ini mengusung LCGC yang berarti jaminan hemat BBM. Dalam kondisi prima, Calya hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk jarak 20 kilometer.
Untuk urusan warna, Calya banyak pilihan. Mulai warna putih yang masih banyak difavoritkan masyarakat, hingga warna orange metalik yang saat ini menjadi konsep mobil-mobil modern. (m3/b/aha)

To Top