Arsip Keuangan di Era Ridwan Zakaria Musnah – Berita Kota Kendari
Aktualita

Arsip Keuangan di Era Ridwan Zakaria Musnah

KENDARI, BKK- Penyebab kebakaran gedung perkantoran Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) saat ini sementara diselidiki oleh Tim Laboratorium Forensik Makasar bersama Polda Sultra, Polres Muna dan Intel Korem.

Namun informasi yang sudah bisa diketahui, dokumen yang musnah kebanyakan dokumen keuangan di masa pemerintahan Ridwan Zakaria. “Banyak dokumen yang disimpan di situ ikut terbakar. Tapi kebanyakan dokumen keuangan era bupati sebelumnya,” kata Bupati Buton Utara, Abu Hasan belum lama ini.
Pria yang baru dilantik sebagai Ketua Pengurus Wilayah Syarikat Islam Sultra itu memastikan dokumen keuangan yang dibuat belakangan tetap selamat. Pasalnya, gedung yang terbakar adalah gedung pertama yang dulunya sebagai tempat penyimpanan arsip atau dokumen penting di era pemerintahan sebelumnya.
Sementara dokumen keuangan terbaru, khususnya di tahun 2016 disimpan di gedung kedua. “Memang pernah ada dokumen 2016 disimpan di gedung tersebut. Tapi dipindahkan ke gedung dua untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi,” katanya.
Dengan demikian, Abu Hasan menyatakan kebakaran itu tidak menggangu kinerja keuangan. “Memang tetap ada gangguan karena namanya saja gedung kita terbakar. Tapi kalau soal dokumen 2016, masih tetap tersimpan,” katanya.
Saat disinggung apakah peristiwa kebakaran dokumen di era pemerintahan sebelumnya itu, berkaitan dengan penyelidikan Polda Sultra mengenai dugaan korupsi di sejumlah SKPD, Abu Hasan tak mau menanggapinya. Namun dia membenarkan sejumlah pejabat di sebagian besar SKPD pada masa pemerintahan yang lalu terlibat dalam kasus dugaan korupsi.
“Itu (keterkaitan kebakaran kantor dan kasus korupsi) nanti Polda Sultra yang menyelidiki
nya. Kalau bicara soal dokumen apa yang terbakar, ya memang dokumen keuangan di masa pemerintahan sebelumnya. Yang kita inginkan kasus ini cepat tuntas,” katanya.
Untuk diketahui Polda Sultra saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait dengan dugaan korupsi perjalanan dinas yang fiktif di hampir semua SKPD di Butur di era pemerintahan Bupati Ridwan Zakariya.
(p4/c/aha)

Click to comment
To Top