Beranda

Enam Armada Siap Mengangkut Peserta Upacara 17 Agustus di Bokori

H. Hadi Hasina (RAHMAT/BKK)

H. Hadi Hasina (RAHMAT/BKK)

KENDARI, BKK- Menjelang perayaan 17 Agustus di Pulau Bokori, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak henti-hentinya melakukan persiapan. Tak terkecuali persiapan transportasi laut yang merupakan satu-satunya akses memadai menuju pulau tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra Hado Hasina, selaku penanggungjawab untuk persediaan transportasi tersebut, mengaku telah menyiapkan enam armada kapal, untuk mengangkut tamu undangan, TNI dan anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra).

“Kami sudah mengklopkan enam kapal transportasi yang akan dgunakan untuk kebutuhan dalam 17 Agutus di Bokori, yakni dua kapal LTC, satu Kapal SARS, satu Kapal KSOP dan dua kapal ikan kapasitas besar, ” ungkap Hado, Minggu (14/8).

Enam armada itupun lanjutnya, telah dipersiapkan dan akan siap mengantar semua pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan 17 Agustus tersebut. Khusus di hari pelaksanaan upacara, kapal akan disiapkan untuk mengangkut penumpang mulai Pukul 06.00 Wita.

“Semua kapal tersebut akan stand by di Pelabuhan Bungku Toko sebagai pelabuhan pengakutan dan kapal akan menunggu mulai jam enam pagi pada tanggal 17 Agutus, ” terang mantan Sekda Butur tersebut.

Hado menjelaskan bahwa tiap kapal ini memiliki kapasitas penumpang yang berbeda-beda yakni LTC yang terdiri dua unit tersebut, bermuatan masing-masing 300 orang. Kemudian kapal KSOP bermuatan 70 orang, kapal SARS bermuatan 150 orang, selanjutnya dua kapal ikan masing-masing bermuatan 100 dan 150 orang.

Untuk kapal SARS lanjutnya, dipersiapkan untuk mengangkut tamu undangan, kemudian KSOP mengangkut undangan khusus dari gubernur. Selanjutnya kapal ikan akan difungsikan untuk mengangkut anggota TNI dan kapal LTC akan difungsikan mengangkut anggota paskibra.

“Untuk Satuan Kerja dan Perangkat daerah (SKPD) tidak masuk dalam daftar muatan kapal-kapal yang disipakan karena mereka menyiapkan sendiri kapal. Kemudian penumpang yang akan melalui Pelabuhan Bungku Toko tujuan Bokori hanya dikhususkan pada mereka memang yang memilki rekomendasi dan juga memiliki udangang khusus dalam upacara perayaan kemerdekaan RI yang ke-71 tersebut, ” tambahnya. (p7/c/nur)

 

To Top