Azhar: Dishub Kendari Jangan Hanya Berjanji, Kalau Bisa Buktikan – Berita Kota Kendari
Beranda

Azhar: Dishub Kendari Jangan Hanya Berjanji, Kalau Bisa Buktikan

KENDARI, BKK- Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kota Kendari La Ode Azhar minta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari, buktikan penerapan aturan dengan benar. Bukan hanya sekedar janji.

Permintaan ini terkait masih banyaknya supir angkutan kota (Angkot) yang beroperasi di Kota Kendari, tanpa memiliki surat-surat lengkap. Parahnya lagi, mereka terkadang menaikkan sewa penumpang yang menyalahi hasil kesepakatan bersama.

“Kalau masalah ini, dishub sudah sering kasi kita janji-janji. Katanya mau kasih sanksi, mau lakukan penertiban, tapi sampai sekarang semua belum ada buktinya,” terang Azhar saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya, Minggu (14/8).

Persoalan ini, lanjut Azhar, telah lama juga dikeluhkan para supir angkot yang merasa memiliki surat-surat lengkap, dimana secara administrasi para supir angkot legal dirugikan oleh supir angkot ilegal. Terutama dalam hal mencari penumpang.

“Supir angkot legal itu harus bersaing dengan supir angkot ilegal untuk mencari penumpang, padahal seharusnya para supir angkot ilegal tidak boleh beroperasi. Tetapi karena lemahnya penerapan aturan dishub dan banyaknya janji-janji tanpa bukti, membuat para supir ilegal makin ramai,” jelasnya.

Untuk itu, politikus Golkar ini juga menegaskan, pihak Dishub Kendari harus menegaskan aturan yang telah diberlakukan. Bukan malah mengumbar janji yang tidak adapat dibuktikan.

“Kalau Dishub bertahan seperti ini, kita akan panggil mereka karena setiap janji yang tidak bisa dibuktikan dampaknya kita yang dapat,” pungkasnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Angkutan Darat Dishub Kota Kendari Agus Sutarto mengatakan, pihaknya akan menindak tegas setiap supir angkot bandel. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek jerah, sehingga menjadi percontohan bagi supir lain.

“Kami akan tindaki dengan tegas, setiap supir angkot yang beroperasi tanpa memiliki surat-surat,” tegasnya.(m2/c/nur)

Click to comment
To Top