Korem 143/HO Terus Antisipasi Masuknya Kelompok Santoso di Sultra – Berita Kota Kendari
Beranda

Korem 143/HO Terus Antisipasi Masuknya Kelompok Santoso di Sultra

 Kolonel Inf Immanuel Ginting SE

Kolonel Inf Immanuel Ginting SE

KENDARI, BKK – Pasca meninggalnya pemimpin terduga teroris Santoso pada Juli lalu di Palu,Sulawesi Tengah, tidak menutup kemungkinan anggotanya yang tersisa akan menyebar ke seluruh daerah Indonesia. Tanpa terkecuali wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), yang berbatasan langsung dengan wilayah dimana gerbong teroris yang dianggap berbahaya itu dilumpuhkan pasukan Tinobala.

Untuk mengantisipasinya, Komandan Resort Militer (Danrem) 143/HO Kendari Kolonel Inf Immanuel Ginting SE mengaku, terus melakukan koordinasi bersama para anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berada ditiap-tiap daerah berbatasan langsung dengan Wilayah Sultra.

“Kami selalu koordinasi di tiap-tiap perbatasan Sultra dan kami selalu update perkembangan dengan para anggota TNI yang berada di lokasi perbatasan atas kelompok Santoso,” kata Immanuel saat ditemui usai coffe morning di Makorem 143/HO, Jumat (12/8).

Ia membeberkan, bagian intelijen di lingkup Korem 143/HO terus melakukan pemantauan atas sisa-sisa kelompok gerbong teroris Santoso. Mereka juga saling memberi informasi dengan intelijen yang berada di daerah perbatasan Sultra.

“Bagian intelijen kami dan intelijen yang ada diperbatasan selalu berkoordinasi dan saling memberitahukan jika memang ada dan mengetahui sisa-sisa kelompok Santoso.

Jadi kami selalu tukar informasi,” bebernya.

Lanjutnya, tidak menuntut kemungkinan anggota kelompok Santoso yang tersisa, akan masuk ke Sultra. Pasalnya pimpinan mereka (Santoso) telah meninggal saat baku tembok dengan Satgas Tinombala di pegunungan Ambrana pada bula Juli lalu.

“Kalau terkait masuk ke Sultra itu kemungkinan bisa saja, namanya situasi mereka (kelompok Santoso) ini sudah tidak terorganisir dengan baik, yang pasti kami selalu antisipasi atas masuknya kelompok Santoso di Sultra,” pungkasnya. (p5/b/nur)

Click to comment
To Top