Kebijakan Kepala Daerah untuk Kepentingan Umum Tak Dipidanakan – Berita Kota Kendari
Beranda

Kebijakan Kepala Daerah untuk Kepentingan Umum Tak Dipidanakan

Kapolda Sultra, Brigjen Agung Sabar Santoso saat melakukan kunjungan kerja di Bombana, Jumat (12/8).

Kapolda Sultra, Brigjen Agung Sabar Santoso saat melakukan kunjungan kerja di Bombana, Jumat (12/8).

RUMBIA, BKK – Kapolda Sultra, Brigjen Pol Agung Sabar Santoso menegaskan, sebuah kebijakan kepala daerah yang berkaitan dengan kepentingan umum tidak perlu dipermasalahkan, termasuk dipidanakan. Penegasan ini disampaikan Agung saat tatap muka dengan pimpinan daerah Kabupaten Bombana, para Danramil, Kapolsek, Babinsa, Kanit Binmas Polsek, Bhabinkamtibmas, serta camat kepala Desa/lurah se-Kabupaten Bombana di Rumbia, Jumat (12/8).

Menurut Kapolda, kepala daerah tidak perlu khawatir jika mengambil sebuah Kebijakan untuk kepentingan masyarakat atau kepentingan umum. “Misalnya ada kepala daerah mengambil suatu kebijakan. Harusnya anggaran untuk A, tapi karena kondisi yang mendesak, sehingga diubah. Anggaran untuk A itu dipindahkan ke B. Ini adalah salah satu kebijakan. Hal semacam ini tidak boleh dipidanakan,” paparnya.

Larangan memidanakan sebuah kebijakan untuk kepentingan umum, tambah dia, merupakan instruksi langsung dari Presiden RI, Joko Widodo baru-baru ini. “Semua Kapolda dan kejaksaan tinggi sudah dikumpulkan oleh Bapak Presiden terkait larangan ini. Bahwa kebijakan berkaitan kepentingan umum tidak boleh dipidanakan. Bapak presiden akan melakukan supervisi. Jika ditemukan ada yang memproses terkait ini, maka Kapolres, Kajari akan dicopot,” tegasnya.

Selain tatap muka, rombongan Kapolda yang tiba di Bombana sekitar pukul 09.00 wita ini, ikut meresmikan bangunan Rumah Susun (Rusun) tiga lantai bagi anggota Polres Bombana termasuk klinik milik Polres.

Bupati Bombana, Tafdil menyambut positif kedatangan orang nomor satu di Polda Sultra tersebut di kabupaten Bombana. Menurut Tafdil, kunjungan tersebut merupakan bentuk perhatian Kapolda Sultra terhadap masyarakat d an pemerintah di daerah itu.

“Kehadiran dan arahan ini, merupakan bagian dari spirit buat masyarakat dan pemerintah Bombana,” ujar Tafdil.

Tafdil juga menyampaikan bahwa sistuasi Kamtibmas djelang pilkada di Kabupaten Bombana masih aman dan terkendali berkat adanya kerja sama antara pemerintah dan pihak kepolisian. (cr2/c)

 

To Top