BMKG Minta Jasa Penyemberangan Laut Untuk Waspada – Berita Kota Kendari
Beranda

BMKG Minta Jasa Penyemberangan Laut Untuk Waspada

KENDARI, BKK– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta kepada jasa penyemberangan laut untuk mewaspadai gelombang tinggi di Agustus ini. Utamanya yang melintasi jalur Kendari-Wakatobi, Baubau-Wakatobi hingga laut banda timur

“Berdasarkan pemantauan yang kami lakukan, tinggi gelombang perairan Sultra mencapai 1,5 sampai 2,5 meter. Akan tetapi kondisi gelombang tersebut bisa saja berubah mencapai empat hingga lima meter,” ungkap Kepala Seksi Observasi Cuaca Aris Yunatas kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK), Jumat (12/8).

Dikatakannya, gelombang perairan Sultra akan kembali normal enam bulan kedepan berdasarkan masa angin timur. Namun yang patut diwaspadai tiga bulan saja yakni Juni sampai Agustus.

“Memang trend tinggi gelombang perairan Sultra biasanya terjadi pada bulan Agustus. Untuk itu kami mengimbau kepada jasa penyeberangan laut untuk waspada terhadap kondisi gelombang perairan Sultra khususnya Wakatobi dan laut banda timur,” katanya.

Sejauh ini, lanjut dia, pihaknya sudah berkoordinasi sesuai arahan pihak kesyahbandaran otoritas pelabuhan (KSOP) Kendari, untuk waspada gelombang tinggi tersebut. (m3/c/nur)

Click to comment
To Top