Beranda

Pemprov Sultra Siap Adakan Upacara 17 Agustus di Bokori

KENDARI, BKK – Pelaksanaan upacara 17 Agustus oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini, akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pengibaran bendera yang biasanya diadakan di halaman kantor gubernur setempat, nantinya akan digelar di Pulau Bokori, Kabupaten Unaaha.

Persiapan pelaksanaan upaca dan kegiatan untuk memperingati hari kemerdekaan itupun telah dimaksimalkan. Bahkan rapat pemantapan yang dipimpin langsung Gubernur Sultra, juga telah diselenggaran, Kamis (11/8), di Pulau Bokori.

“Saya ingin menyampaikan bahwa kita sudah pada puncak persiapan Ultah RI ke 71 jadi tidak ada lagi diskusi dan semuanya sudah diklopkan, ” ungkap Nur Alam.

Untuk mobilisasi peserta upacara menuju pulau tersebut kata Nur Alam, telah dipersiapkankapal SARS yg memiliki kapasitas muatan 400 orang. Ada juga dua kapal lainnya yang masing-masing bisa memuat 600 dan 800 orang penumpang.

“Seluruh pegawai (PNS) provinsi diwajibkan untuk melaksanak upara 17 Agutsus di Bokori dengan memakai pake baju putih dan celana gelap dilengkapi dengan kacu merah putih,” tegasnya.

Sebelum 17 Agustus, rencananya Pemprov Sultra ini juga akan menggelar karnaval malam kenegaraan. Di acara itu, Nur Alam meminta jajarannya, untuk menggunakan baju perjuangan.

” Untuk seluruh pegawai wajib memakai baju para pejuang jaman dulu pada malam kenegaraan tersebut. Hal ini dilakukan bagaimana nikmataya hidup disaat merdeka dan bagaimana susahnya para pejuang memperjuangan negara ini dan dijadikan sebagai patokan untuk membangun Sultra kedepannya,” ujarnya.

Rangkaian terakhir perayaan tersebut, yakni akan diadakan lomba perahu hias. Ini akan diikuti 168 perahu jenis jonson. (P7/c/nur)

 

To Top