Nur Alam Dorong Event Nasional Dipusatkan di Bokori – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Nur Alam Dorong Event Nasional Dipusatkan di Bokori

Pulau Bokori (RAHMAT RULLAH/ BKK)

Pulau Bokori (RAHMAT RULLAH/ BKK)

KENDARI, BKK-
Program pemerintah pusat yang akan mendorong sektor pariwisata sebagai lokomotif ekonomi direspons Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau Bokori pun akan dipromosikan secara intensif.

Gubernur Sultra, Nur Alam menyatakan, saat ini diperlukan kerja sama semua pihak untuk mendorong event-event skala nasional digelar di Pulau Bokori yang hanya berjarak belasan kilometer dari Kota Kendari ini. Apalagi, pulau berpasir putih itu akan dipoles sebagai salah satu destinasi wisata nasional.
Dia mencontohkan, di era Presiden SBY, kegiatan internasional banyak dipusatkan di Jakarta atau Bali. Cara itu pun berhasil mengangkat citra Bali yang sempat terpuruk karena kasus terorisme.
“Itu sama dengan mempromosikan Jakarta dan Bali sebagai destinasi pariwisata tingkat dunia,” kata Nur Alam saat memimpin rapat terakhir persiapan acara 17 Agustus, di Kantor Gubernur Sultra, Kamis (11/8).
Karenanya, Nur Alam mengharapkan agar acara-acara instansi pemerintahan yang berskala nasional bisa dilakukan di Pulau Bokori. Hal itu bisa menjadi langkah awal untuk mempromosikan pulau tersebut.
Namun sebelumnya, Nur Alam memastikan seluruh infrastruktur pendukung pariwisata akan dilengkapi terlebih dahulu. Terutama transportasi, akomodasi serta sarana hiburan lainnya.
Gubernur mengungkapkan pihaknya berencana membangun restoran serta fasilitas akomodasi yang representatif. Untuk memenuhi kebutuhan air tawar, itu juga sudah bisa diatasi dengan teknologi yang dari Jerman.
“Saya menginginkan agar Bokori dipoles sebaik mungkin. Sehingga orang yang datang ke sana akan tertarik untuk datang kembali,” ujarnya.
Jika event-event nasional sudah bisa dihelat di Pulau Bokori, Nur Alam yakin itu akan berdampak pada sektor ekonomi lainnya, terutama UKM yang menekuni ekonomi kreatif serta pengusaha-pengusaha di bidang wisata. Terlebih, Bokori bisa dijangkau dengan mudah dari Kota Kendari. (p7/c/aha)

To Top