Konsel Miliki Rencana Pembangunan Lima Tahunan – Berita Kota Kendari
Aktualita

Konsel Miliki Rencana Pembangunan Lima Tahunan

MARWAN TOASA/BERITA KOTA KENDARI KONTRAK POLITIK. Bupati Konowe Selatan, Surunuddin Dangga menyerahkan dokumen RPJMD Kabupaten Konsel 2016 - 2021 kepada Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, dalam sidang paripurna penetapan Perda RPJMD tersebut.

MARWAN TOASA/BERITA KOTA KENDARI
KONTRAK POLITIK. Bupati Konowe Selatan, Surunuddin Dangga menyerahkan dokumen RPJMD Kabupaten Konsel 2016 – 2021 kepada Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, dalam sidang paripurna penetapan Perda RPJMD tersebut.

ANDOOLO, BKK- Arah pembangunan Kabupaten Konawe Selatan dalam lima tahun ke depan sudah jelas, menyusul disahkannya Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2016-2021 Kabupaten Konsel.

Pengesahan Perda tersebut digelar dalam sidang paripurna di DPRD Konsel, Kamis (11/8). Sidang Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo dan dihadiri Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan jajarannya serta instansi vertikal.
Irham menjelaskan, sebelum mencapai kesepakatan, pembahasan Ranperda tersebut berjalan dengan dinamis yang diwarnai semangat menyukseskan pembangunan. Lalu, seluruh tujuh fraksi di DPRD, masing masing Golkar, Gerindra, PDIP, Nasdem, Hanura, PPP, dan PBB pun menyatakan menerima Ranperda itu untuk selanjutnya disahkan sebagai Perda.
“Sekarang arah pembangunan daerah kita sudah memiliki payung hukum. Mari kita mengawasinya secara bersama-sama,” kata Irham.
Surunuddin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh fraksi atas persetujuannya. Dia meyakinkan Perda RPJMD Konsel tahun 2016-2021 akan menjawab berbagai permasalahan strategis di Konsel selama lima tahun yang akan datang.
“Rancangan RPJMD telah disusun sesuai mekanisme dan tahapan secara profesional agar setiap SKPD dalam membuat rencana kerja setiap tahun tidak susah lagi. Ini juga sesuai yang tertuang dalam Permendagri 54 tahun 2010 dengan melibatkan seluruh stakeholder di Kabupaten Konsel,” ucapnya.
Bupati Konsel juga mengungkapkan, inti dari Perda ini berlandaskan pada tagline ‘Menuju Konawe Selatan yang Sejahtera, Unggul, dan Amanah Berbasis Perdesaan tahun 2021’. Setelah ditetapkan menjadi Perda, Surunuddin mengingatkan seluruh jajarannya agar mulai bekerja secara profesional untuk mencapai tujuan Perda tersebut.
“Saya ingin aparatur di Konawe Selatan ini bisa menilai keberhasilan dirinya sendiri. Misalnya, dia mempunyai lima item pekerjaan itu harus dia pertanggungjawabkan karena setiap akhir tahun kita akan evaluasi sukses tidaknya pekerjaan itu,” jelasnya.
Lebih dari itu, Surunuddin mengakui RPJMD 2016-2021 tersebut merupakan impelementasi atas visi misinya yang sudah dia janjikan kepada masyarakat Konsel, saat Pilkada lalu. Karenanya, RPJMD juga seringkali disebut sebagai kontrak politik antara kepala daerah dan masyarakatnya.
Kontrak politik inilah yang bisa menjadi ukuran sukses tidaknya kepala daerah dalam memenuhi janjinya kepada masyarakatnya. (k8/c/aha)

Click to comment
To Top