Beranda

Dewan Minta Dinkes dan PU Kendari Bagi-Bagi Masker

Dewan Minta Dinkes dan PU Kendari Bagi-Bagi Masker

Dewan Minta Dinkes dan PU Kendari Bagi-Bagi Masker

KENDARI, BKK- Pekerjaan jalan di sejumlah titik di Kota Kendari, membuat banyaknya debu yang bertebaran. Hal ini dinilai rawan menimbulkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari kemudian meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari selaku penanggung jawab, untuk mengadakan bagi-bagi masker kepada pengguna jalan.

“Untuk menghindari tingginya penderita ISPA akibat debu jalan, kami meminta Dinkes dan Dinas PU untuk membagikan masker kepada setiap pengendara motor dan warga sekitar di setiap titik perbaikan jalan,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kendari La Ode Ali Akbar, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/8).

Selain bagi-bagi masker, lanjut dia, Dinas PU juga diminta untuk mengontrol rekanannya yaitu kontraktor jalan agar sebelum melakukan pengerjaan jalan, dilakukan penyiraman terlebih dahulu.

“Kalau hanya mengandalkan masker, saya rasa ini belum terlalu efektif untuk mencegah ISPA, untuk itu penyiraman jalan juga mesti dilakukan dengan rutin,” terang pemilik sapaan akrab Iwan Kambara ini.

Politikus partai Gerindra ini juga mengharapkan, permintaan tersebut bisa dijalankan dengan baik. Terlebih itu sudah dua kali disampaikannya.

Permintaan inipun telah mendapatkan respon dari pihak pemerintah setempat. Kepala Dinkes Kendari Mariam Rutfiah mengatakan, pihaknya saat ini telah menyediakan sejumlah masker untuk dibagikan.

“Kita sudah siapkan maskernya, tinggal membagikannya saja,” aku Maryam.(m2/b/nur)

 

To Top