Denda Dua Persen Menanti Penunggak PBB di Kota Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

Denda Dua Persen Menanti Penunggak PBB di Kota Kendari

Kendari BKK – Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi kewajiban bagi setiap warga Indonesia yang memiliki lahan ataupun bangunan. Namun, tidak sedikit dari wajib pajak ini lalai hingga menjadi penunggak pajak.

Hal itupun terjadi di Kota Kendari. Padahal sanksi denda dua persen per hari menanti warga di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara ini.

“Masyarakat yang belum melunasi PBB untuk di Kota Kendari masih banyak, padahal jika telat membayar pajak maka perharinya akan dikenakan denda sebesar dua persen,” ungkap Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kendari Nahwa Umar, yang dihubungi lewat sambungan telepon genggamnya, Kamis (11/8).

Tunggakan PBB tersebut aku Nahwa, terjadi di semua kelurahan yang ada di Kota Kendari. Namun besaran jumlahnya ia belum mengetahui pasti.

Tunggakan wajib pajak itu sendiri lanjutnya, tentu tergantung besarnya lahan ataupun bangunan yang menjadi obyek pajak.

“Namun biasanya beban pajak yang paling besar hanya dikenakan pada perhotelan dan rumah mewah saja. Sedangkan masyarakat yang memiliki bangunan rumah kecil maka pajak yang harus dilunasinya juga kecil. Bahkanada yang hanay Rp 20 ribu, yang khusus untuk masyarakat ekonomi kebawah,” pungkasnya.

Iapun mengimbau, agar warga yang menjadi penunggak pajak agar segera melakukan pelunasan. Pembayaran tepat waktu itu lebih baik, agar wajib pajak tidak lagi terbebani denda. (m3/c/nur).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top